Bahas Kerjasama Bilateral, Presiden Iran Rouhani Bertemu Putin di Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) menerima kunjungan Presiden Iran Hassan Rouhani di Moskow, Selasa (28/3)/Foto: AP

Moskow, Sayangi.Com– Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow menerima kedatangan Presiden Iran Hassan Rouhani di Kremlin, Selasa (28/3), untuk membahas kerjasama ekonomi, termasuk membicarakan isu di kawasan Timur Tengah dan perang di Suriah.

“Tujuan akhir kami adalah memperkuat perdamaian dan kestabilan di kawasan. Peningkatan hubungan antara kedua negara tidak ditujukan pada pihak ketiga manapun,” kata presiden Hassan Rouhani.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi Rusia setelah pertemuan itu, Putin mengatakan bahwa perdagangan antara kedua negara meningkat 70 persen lebih dibandingkan tahun lalu.

“Ini sungguh hasil yang sangat bagus mengingat hal itu dicapai di tengah kondisi global yang tidak stabil dan volatilitas yang terus menerus terjadi di pasar komoditas dan mata uang,” kata Putin, dikutip kantor berita AFP.

Pernyataan bersama yang dirilis Kremlin menyatakan bahwa ada “perhatian khusus” pada kerja sama di bidang energi, dengan kedua pihak berjanji melanjutkan upaya untuk menstabilkan pasar internasional.

Selain kerja sama di Suriah, hubungan di bidang energi dan pertahanan antara Iran dan Rusia juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Rusia akan membangun sembilan dari 20 reaktor nuklir yang direncanakan Iran dan hadir sebagai mitra senjata jangka panjang, dengan memasok sistem pertahanan rudal S-300 ke Iran.

Hubungan Rusia dan Iran meningkat di bawah kepemimpinan Rouhani meski kedua negara memiliki sejarah pelik mengenai wilayah, minyak dan ideologi Komunis