Kerjasama Ekonomi RI-Prancis 2,6 Miliar Dolar AS Lebih

Presiden Jokowi saat menyambut Presiden Francois Hollande di Istana Merdeka, Rabu (29/3)/Foto: setkab.go.id

Jakarta, Sayangi.Com– Kunjungan kenegaraan Presiden Prancis Francois Hollande ke Indonesia merupakan momen bersejarah karena sudah lebih dari 30 tahun tidak ada kunjungan Presiden Perancis ke Indonesia.

Presiden Prancis terakhir yang berkunjung ke Indonesia adalah Francois Mitterrand pada tahun 1986.

Rabu (29/3) siang ini, Presiden Hollande dan rombongan diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan bilateral yang membahas sejumlah agenda kerjasama kedua negara.

Menurut keterangan tertulis Kedubes Prancis, Rabu, pertemuan bilateral itu akan membahas kesepakatan kerjasama di berbagai sektor strategis antara perusahaan Prancis dan Indonesia, dengan nilai lebih dari 2,6 miliar Dolar AS.

Rinciannya adalah satu miliar lebih diinvestasikan ke sektor energi, sekitar 1,1 miliar dolar untuk infrastruktur transportasi dan pariwisata, 500 juta dolar dalam bisnis ritel.

Jumlah ini belum mencakup investasi sebesar ratusan juta dolar, maupun komitmen pengembangan kompetensi serta sejumlah realisasi investasi di bidang kosmetika, pengolahan karet, pertanian serta kedirgantaraan, pertahanan, maritim, ekonomi kreatif, dan pembangunan perkotaan berkelanjutan.