Terong, Kesehatan Dan Gairah Sex

Terong. Foto Pinterest
Terong. Foto Pinterest

Jakarta, Sayangi.com- Nama Latin Terong adalah  Solanum Melongena. Tanaman ini berasal dari India dan Srilanka. Terong merupakan jenis tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Sayuran satu ini sering kali dikonsumsi dalam bentuk masakan yang dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

Ilustrasi Aneka Jenis Terong. Foto Epicurious
Ilustrasi Aneka Jenis Terong.Foto Epicurious

Beberapa jenis Terong yang sering ditemui adalah terong ungu, terong belanda, terong bulat dan jenis terong lainnya. Seperti dilansir dari laman Boldsky (22/10/16), Terong mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan kesehatan tubuh diantaranya:

1.Vitamin
Suatu zat senyawa komplek yang sangat dibutuhkan tubuh yang fungsinya membantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin organ tubuh tidak akan dapat melakukan aktifitas. Terong mengandung vitamin A,Vitamin B Komplek, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin D dan vitamin K.

2. Zat Besi
Suatu zat dalam tubuh yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Fungsi zat besi dalam tubuh adalah mengangkut oksigen dari paru par uke jaringan. Selain itu fungsi zat besi mengangkut electron dalam pembentukan energi.

3. Antosianin
Antosianin merupakan pigmen fotosintetis yang ditemukan dalam banyak Terong. Fungsi antosianin dalam tubuh sebagai anti oksidan yang mencegah terjadinya ateroskleris atau penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh menjadi lipoprotein densitas rendah. Antosinin juga berfungsi melindungi integritas sel endotel.

Selain itu Antosinin juga berfungsi merelaksasi pembuluh darah guna mencegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler. Selain itu manfaat zat ini untuk kesehatan adalah melindungi lambung dari kerusakan, dan mengambat sel tumor. Zat ini juga meningkatkan kemampuan penglihatan mata serta senyawa anti inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.

4. Ellagic Acid
Ini merupakan salah satu komponen fenolik yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah rusaknya gen serta mencegak menggumpalnya darah.

5. Phycocyanian
Phycocyanian dalam terong merupakan protein komplek yang berperan sebagai pembentuk sel darah merah dan putih. Zat ini dalam tubuh akan menstimulasi kerja sel batang yang terdapat dalam sum sum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan. Zat Phycocyanian dalam tubuh juga berfungsi sebagai antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

Dimsum Terong. Foto oleh theeatenpath.com
Dimsum Terong. Foto oleh theeatenpath.com

Berdasarkan dari kandungan zat gizi dalam terong, maka tentunya manfaat terong apabila dikonsumsi secara rutin bagi kesehatan tubuh akan bermanfaat sebagai:

1. Melindungi otak (memori)
Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel senyawa anti inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan. Zat fitonutrien juga memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.

2. Menjaga sistem pencernaan
Terong memiliki kandungan serat yang banyak dan baik. Manfaat serat dalam tubuh adalah melancarkan pencernaan. Serat juga dapat mencegah sembelit sehingga resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.

3. Menyehatkan dan mencegah penyakit jantung
Kandungan Antosianian merupakan senyawa flavonoid yang didalam tubuh akan berfungsi melindungi sel dari sinar UV.

Masakan China Terong Saus Bawang Putih. Foto Omnivores Cookbook
Masakan China Terong saus Bawang Putih. Foto Omnivores Cookbook

Fungsi antosianin dalam tubuh sebagai anti oksidan yang mencegah terjadinya ateroskleris atau penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh menjadi lipoprotein densitas rendah. Antosinin juga mampu melindungi integritas sel endotel dalam tubuh.

Antosinin juga berfngsi merelaksasi pembuluh darah untuk menecegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler. Selain itu manfaat zat ini untuk kesehatan adalah melindngi lambung dari kerusakan, mengambat sel tumor. Zat ini juga meningkatkan kemampuan penglihatan mata serta senyawa anti inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.

Terong Bumbu Kunyit.Foto oleh cookpad.com
Terong Bumbu Kunyit.Foto oleh cookpad.com

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah, dengan demikian resiko penyakit jantung pun sangat kecil. Kandungan Kalium yang ada di terong menyebabkan tubuh terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, dapat dipastikan bahwa tidak ada retensi cairan, sehingga bisa mencegah penyakit jantung koroner. Obat jantung obat dan kanker modern menyertakan zat flavonoid.

4. Menurunkan berat badan
Kandungan kadar air yang dimiliki terong sangatlah tinggi namun rendah kalori dan mencegah timbulnya lemak lemak yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan.

5. Kesehatan kulit
Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu serta menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu kadnungan mineral dan vitamin yang dimiliki oleh terong juga dapat membantu memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, agar kulit sehat secara alami. Kandungan enam vitamin yang terkandung dalam terong baik untuk melembabkan kulit kepala.

6. Mengontrol gula darah
Terong memiliki kandungan yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat larut , sehingga dapat mengontrol gula darah. Ini karena kandungan zat gizi terong membantu penyerapan glukosa dengan baik. Maka Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes.

Salad Terong. Foto oleh Simply Recipes
Salad Terong. Foto oleh Simply Recipes

7. Baik untuk ibu hamil
Kandungan folat yang dimiliki oleh terong, membuat sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak pada janin.

Foto oleh Fanind.com
Foto oleh Fanind.com

8. Meningkatkan gairah sex pria
Efek afrodisiak yang tergandung dalam terong, dapat menggairahkan sex pria. Mitos yang beredar makan terong membuat pria loyo adalah salah besar.