Polda Metro Jaya Akan Siapkan Pengamanan Aksi 313

Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengamanan untuk aksi 313 atau 31 Maret 2017. Menurutnya, pihak penyelenggara aksi tersebut telah menyampaikan pemberitahuan ke Polri.

“Untuk aksi 313 itu, ya sudah kita terima pemberitahuannya. Izinnya ke Mabes dan pihak Polda Metro Jaya sudah menerima tembusannya,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/3).

Argo juga mengatakan dalam pemberitahuannya, kegiatan dalam aksi tersebut berisi ibadah. Menurutnya, dalam agenda aksi tidak ada unsur afiliasi politik menjelang Pilkada.

“Yang kami terima, aksi tersebut tidak ada unsur politik Pilkada. Kalau ada unsur Pilkada tentu nanti ada konsekuensinya,” tegasnya.

Sementara itu perwakilan dari Forum Umat Islam (FUI) Bernard Abdul Jabbar mengatakan ribuan massa dari berbagai simpul ormas Islam rencananya akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal. Setelah itu, lanjut Bernard, aksi akan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke Istana Merdeka untuk menyampaikan aspirasinya.

“Kami sudah sampaikan ke Polda, aksi ini aksi damai, selama ini kan FUI aksi enggak ada rusuh, merugikan masyarakat lain,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan massa yang akan membuat macet jalan protokol Ibukota, Bernard mengatakan, hal tersebut mungkin saja terjadi. Namun menurutnya, kemacetan merupakan hal yang lumrah terjadi di Jakarta.

“Macet atau apa pasti terjadi, nggak demo juga macet. Jadi saya rasa itu nggak akan mengganggu ketertiban umum,” kata Bernard saat dihubungi wartawan, Rabu (29/3). (S2)