Ingin Mood Terkendali, Konsumsilah Kacang Tanah

Ilustrasi Kacang Tanah. Foto oleh NDTV

Jakarta, Sayangi.com-Tanaman Kacang tanah bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak, sedang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber protein nabati , minyak dan lain-lain. Di Indonesia, ia dikenal pula sebagai kacang una, suuk, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala.

Bahasa Inggris kacang tanah dikenal dengan nama peanut,groundnut.Nama latin kacang tanah Arachis hypogaea L. Ia adalahjenis tanaman polong-polongan atau legum anggota suku Fabaceae yang dibudidayakan, serta menjadi kacang-kacangan kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia.

Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brasil, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis.
Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597.

Ilustrasi Kacang Tanah. Foto oleh Varsha Industries
Ilustrasi Kacang Tanah. Foto oleh Varsha Industries

Kacang tanah yang dikonsumsi banyak ditemui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Mitos yang beredar di masyarakat bahwa kacang tanah penyebab jerawat atau kolestrol menjadi naik. Ternyata setelah ditelusuri mengkonsumsi kacang tanah banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman healthyeating.sfgate (26/11/14) ternyata kacang tanah mengandung kandungan gizi yang diperlukan tubuh diantaranya :

Kandungan Gizi Kacang Tanah
Kacang-kacang pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar, Lemak jenuh 19 persen, 81 persen lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Lemak, yang tekandung dalam kacang adalah lemak tak jenuh yang sifat kerjanyanya menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan penyakit arteri koroner.

Kacang tanah mempunyai kandungan Mineral. Zat itu dalam tubuh membantu pertumbuhan tulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Fungsi Mineral dalam tubuh juga mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Vitamin yang terkandung dalam kacang sifatnya membantu melindungi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh. Selain itu manfaat mengkonsumsi kacang adalah mengatur nafsu makan, menjaga pencernaan yang sehat. Zat yang terkandung dalam kacang juga membantu menjaga metabolisme tubuh,dan membantu kelembaban kulit dan mata,serta kesehatan neurologis. Folat dalam kacang juga menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mencegah cacat tulang belakang dan saraf.

Ilustrasi Selai Kacang. Foto oleh Bodybuilding
Ilustrasi Selai Kacang. Foto oleh Bodybuilding

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan
Mengkonsumsi kacang bagi kesehatan bisa didapat dengan berbagai cara. Mengkonsumsi minimal dua sendok makan selai kacang, setiap minggu akan menjaga berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Dilansir dari laman stylecraze.com (26/11/14) manfaat kacang tanah diantaranya:

1. Baik bagi ibu hamil
Bagi wanita hamil perlu mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan untuk perkembangan janin. Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, terutama diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat

2. Mengurangi rasa depresi
Kacang tanah mengandung asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin. Fungsi zat ini dalam tubuh mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan t coklat, akan memberi perasaan yang tenang dan menyenang

3. Batu Empedu
Mengkonsusmi setiap minggu satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.

4. Kanker Usus Besar
Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 58% pada wanita dan pada pria hingga 27%.

5. Menjaga Berat Badan
Dua kali seminggu wanita yang makan kacang atau selai kacang cenderung rentan terhadap obesitas daripada yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

6. Mencegah Penyakit Jantung
Kacang tanah mengandung asam oleat yang baik bagi jantung. Asam oleat juga menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Mengkonsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, akan membantu menjaga kesehatan jantung.

Kacang Rebus Bisa Menimbulkan Mood Bahagia. Foto CBS News
Kacang Rebus Menimbulkan Mood Gembira. Foto CBS News

Untuk mengoptimalkan manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh, pilihlah kacang yang terlihat sehat dan tidak berjamur. Sajian kacang tanah hendaknya tidak dengan cara digoreng. Sajikan kacang tanah dengan cara direbus atau dikukus atau disangrai sehingga bermanfaat optimal.