Aksi 313 Tak Seramai 212, Massa Dilarang Mendekat ke Istana

Ilustrasi: Massa aksi 313 berkumpul di bunderan dekat patung kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta

Jakarta, Sayangi.Com– Berbeda dengan aksi umat Islam sebelumnya yang bisa menggelar orasi di depan Istana Merdeka, pada aksi 313 Jumat (31/3) siang ini, polisi tak mengizinkan dan membuat barikade di ujung Jalan Merdeka Utara dan Jalan Merdeka Barat.

Usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta, ribuan umat Islam yang sebagian besar berpakaian putih berjalan dengan rapih ingin menuju depan Istana Merdeka melalui Jalan Merdeka Utara. Namun, polisi mengalihkan lewat stasiun Gambir – melewati Balai Kota di Jalan Merdeka Selatan, dan berakhir di bundaran patung kuda.

Di ujung Jalan Merdeka Barat, dekat bundaran patung kuda, polisi juga membuat barikade sehingga massa tidak bisa mendekat ke Istana Merdeka.

Polisi membuat barikade sehingga massa tak bisa mendekat ke Istana Merdeka

Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan, Jalan Medan Merdeka Barat terlalu sempit untuk menampung banyak massa sehingga ditutup.

Berdasarkan pantauan Sayangi.Com, jumlah peserta aksi 313 yang dikoordinir oleh Forum Umat Islam (FUI) ini tak sebanyak massa aksi 411 dan aksi 212.

Sekitar pukul 14.00 WIB, sembilan perwakilan massa aksi 313 diterima Menko Polhukam Wiranto untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan aksi. Mereka diterima di Kantor Kemenko Polhukam di Jalan Merdeka Barat.

Sembilan perwakilan ini dipimpin oleh Ketua Umum PP Parmusi Usamah Hisyam sebagai koordinator aksi. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais juga terlihat diantara 9 perwakilan yang diterima Wiranto.