Tax Amnesty Berakhir, Total Pelaporan Harta Rp4.855 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani/Foto: Sayangi.Com

Jakarta, Sayangi.Com– Program pengampunan pajak atau tax amnesty resmi ditutup pada Jumat (31/3) pukul 24.00 WIB.

Berdasarkan Surat Pernyataan Harta yang dihimpun Direktorat Jenderal Pajak, total harta yang dideklarasikan melalui program pengampunan pajak ini mencapai Rp4.855 triliun. Terdiri dari deklarasi harta dalam negeri Rp3.676 triliun, deklarasi harta luar negeri Rp1.031 triliun, dan harta yang dibawa pulang dari luar negeri (repatriasi) Rp147 triliun.

Total uang yang masuk ke kas negara mencapai Rp 135 triliun, terdiri dari uang tebusan Rp114 triliun, pembayaran tunggakan Rp18,6 triliun, dan pembayaran bukti permulaan Rp 1,75 triliun.

Total peserta tax amnesty yang berjalan sejak 9 bulan lalu ini, hingga 31 Maret Pukul 24.00, dilaporkan mencapai 956 ribu peserta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang memantau situasi terakhir pelaksanaan Tax Amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat malam, mengaku belum puas dengan capaian tersebut.

“Kalau bicara puas, pandangan saya belum tercapai. Tapi ini cukup baik dibandingkan negara lain dari sisi jumlah, aparat pajak juga sudah bekerja dengan baik,” kata Sri Mulyani, Jumat (31/3) malam.

Sri Mulyani yakin belum semua orang kaya di Indonesia ikut tax amnesty. Namun demikian, ia mengapresiasi ada beberapa wajib pajak besar yang akhirnya ikut di hari-hari terakhir atau last minute.