GKR Hemas Hingga Oesman Sapta Akan Maju Dalam Pencalonan Ketua DPD

Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: dok sayangi.com)

Jakarta, Sayangi.com – DPD akan mengadakan sidang paripurna pada Senin (3/4) mendatang. Salah satu agenda dalam sidang tersebut adalah pergantian pimpinan DPD RI.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPD RI Nono Sampono mengatakan tiga orang pimpinan DPD saat ini akan maju kembali dalam pemilihan tersebut. Pasalnya, tidak hanya ketua DPD yang akan diganti, namun juga posisi Wakil Ketua DPD.

“Itu tentu akan berimbas ke bawah, karena itu 1 paket,  karena itu ada dalam Tatib. Akan maju 3 petahana, mereka adalah Ketua DPD saat ini Mohammad Saleh, serta Wakil Ketua GKR Hemas dan Farouk Muhammad,” ujar Nono pada acara diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (1/4).

Selain ketiga nama petahana tersebut, menurut Nono, ada nama lain yang kemungkinan akan maju untuk menjadi calon pemimpin DPD. Salah satunya adalah Nono sendiri.

“Ada Oesman Sapta Odang dan saya sendiri akan coba maju juga. Memang ada pandangan lain mengenai calon ketua DPD dari Parpol, tapi itu wajar dalam berdemokrasi,” paparnya.

Meskipun MA telah memberi putusan yang isinya mengembalikan masa jabatan pimpinan DPD kembali 5 tahun, Nono mengaku berpatokan kepada Tatib DPD. Pasalnya, Tatib DPD tersebut telah disepakati oleh keseluruhan anggota DPD.

“Jalan terus karena sudah ada keputusan pada sidang paripurna yang lalu, itu berdasarkan Tatib. Karena Tatib sudah mengatur masa berakhirnya (jabatan pimpinan DPD) 31 maret 2017,” jelasnya.

Lebih jauh lagi, Nono mengakui ada beberapa anggota DPD yang menentang Tatib tersebut dan  berpatokan pada putusan MA. Menurutnya hal tersebut wajar dalam proses berdemokrasi.

“Ada anggota yang menggugat pimpinan silahkan. Gejolak politik dalam suatu demokrasi sah saja,” pungkasnya.