Manfaat Mengkonsumsi Air Putih Sebelum Tidur Malam

Foto Eat This
Foto Eat This

Jakarta, Sayangi.com- Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat baik untuk kesehatan bagi seluruh anggota tubuh. Haus adalah salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.

Minum air hangat sebelum tidur dimalam hari ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Dilansir dari laman Boldsky, (24/1/16) manfaat untuk selalu minum air putih sebelum tidur malam, adalah :

1. Tubuh terhidrasi
Air adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi. Minum air sebelum tidur dapat membantu menjaga kadar hidrasi di siang hari. Karena tubuh tidak terlibat dalam kegiatan lainnya selama jam tidur, air yang dikonsumsi sebelum tidur akan membantu memenuhi hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini juga akan membuat perasaan segar saat bangun pagi.

2. Pembersih racun
Setiap hari tubuh menyerap banyak racun melalui berbagai sumber setiap saat, ini bisa menimbulkan bahaya dalam jangka waktu lama. Penumpukan racun di dalam tubuh bisa picu kehadiran sejumlah penyakit. Cara terbaik untuk menghilangkan racun di tubuh adalah dengan mengkonsumsi air. Minum air sebelum tidur memberikan tubuh cukup waktu untuk membersihkan semua racun dan menyegarkan tubuh.

Foto Bustle
Foto Bustle

3. Tidur nyenyak
Minum air sebelum tidur juga membantu Anda untuk tidur lebih baik. menyeimbangkan vitamin tubuh, mineral dan nutrisi. Selama tidur, bila tidak ada aktivitas fisik lainnya yang berlangsung, air dapat menjangkau seluruh bagian tubuh. Hormon, vitamin, mineral dan tingkat energi akan seimbang di malam hari. Air membantu mengendurkan otot-otot dan sendi, sehingga memungkinkan tubuh untuk sepenuhnya pulih dari hari kerja yang keras.

Minum air sebelum tidur membantu tidur lebih lebih baik atau nyenyak. Air dalam tubuh menyeimbangkan nutrisi, mineral dan vitamin. Selama tidur, ketika tak ada aktifitas fisik apapun, air dapat menjangkau seluruh bagian tubuh. Tak hanya itu saja, Air membantu mengendurkan otot-otot dan sendi, sehingga memungkinkan tubuh untuk sepenuhnya pulih dari hari kerja yang keras.

4. Turunkan berat badan
Air adalah minuman nol kalori. Tidak memiliki rasa, tidak ada rasa dan tidak ada tambahan. Tapi, ia memiliki segala sesuatu di dalamnya untuk menjaga tubuh berfungsi normal. Dan jika sebelum tidur minum air dingin berfungsi membakar kalori juga. Saat sebelum tidur malam mengkonsumsi air dingin, tubuh harus bekerja ekstra keras untuk menghangatkan air itu. Ini berarti, membakar lebih banyak kalori.Jadi minum air dingin sebelum tidur merupakan salah satu cara menurunkan berat badan saat tidur.

Foto vkool.com
Foto vkool.com

5.Membantu mencegah kram otot
Seringkali banyak orang mengeluh kram ketika bangun tidur. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya hidrasi dalam tubuh. Minum air sebelum tidur memastikan tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Hal ini pada gilirannya membantu mengurangi kemungkinan kram yang menyakitkan dan rasa tidak nyaman saat tidur.