Bob Dylan Terima Hadiah Nobel di Acara Tertutup

Bob Dylan dalam sebuah konser/Foto: Reuters

Stockholm, Sayangi.Com– Musisi Bob Dylan akhirnya menerima Hadiah Nobel dalam sebuah acara tertutup di Stockholm pada Sabtu (1/4). Sesuai permintan sang musisi, acara itu tidak diliput media. Demikian dikutip dari Reuters.

“Dalam acara yang sangat rahasia,” kata seorang anggota Swedish Academy pada saluran Televisi Swedia, SVT, membenarkan bahwa Dylan telah menerima penghargaan Nobel untuk kategori Sastra.

Sebelumnya, pada Rabu (29/3), Swedish Academy, lembaga yang memberikan Nobel, merilis pernyataan bahwa musisi pemalu itu akan menerima penghargaan tersebut dalam acara yang “kecil dan akrab”.

Sekretaris Swedish Academy, Sara Danius, awal pekan ini menyatakan Dylan tidak akan memberikan kuliah, sesuai tradisi Nobel, namun akan mengirimkan versi rekaman.

Sesuai tradisi selama ini, untuk mendapatkan hadiah uang sebesar 8 juta crown atau setara 900 ribu dolar AS, Dylan harus memberikan kuliah dalam enam bulan setelah 10 Desember 2016.

Sempat Bungkam

Keputusan Academy memberikan Nobel Sastra pada sang musisi berusia 75 tahun itu sempat menuai perdebatan. Dylan bungkam selama dua pekan setelah diumumkan sebagai penerima Nobel Sastra 2016, dan tak mengangkat telpon dari panitia Nobel sehingga dinilai arogan. Ia juga tidak menghadiri jamuan tahunan Nobel pada Desember tahun lalu.

Meski tak hadir, penghargaan Nobel Sastra 2016 tetap diberikan untuk Bob Dylan, dan diterima oleh Dubes Amerika Serikat untuk Swedia, Azita Raji.

Sikap bungkam Dylan sempat menimbulkan spekulasi, seolah ia akan menolak penghargaan Nobel Sastra seperti yang pernah dilakukan Jean-Paul Sartre pada 1964.