Vitamin Penunjang Kesuburan Kaum Pria

Foto SpermHope
Foto SpermHope

Jakarta,Sayangi.com-Sperma yang sehat merupakan salah satu kunci terjadinya kehamilan. Andaikan sel telur yang matang telah tersedia, pembuahan tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya sperma yang sehat yang bergerak melalui leher rahim.

Sel sperma membutuhkan media yang kaya nutrisi agar sperma dapat bertahan hidup, bergerak, dan tetap aktif. Sementara untuk meningkatkan jumlah sperma supaya tetap aktif , pria memerlukan nutrisi dan vitamin yang cukup.

Untuk menunjang kesuburan pria,nutrisi dan vitamin diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Vitamin yang dapat meningkatkan kesuburan pria haruslah mengandung antioksidan. Berikut daftar beberapa vitamin penunjang kesuburan pria yang mengandung antioksidan :

Makanan Penunjang Kesuburan Pria. Foto Zita West
Makanan Penunjang Kesuburan Pria. Foto Zita West

1.Vitamin B Complex
Dalam Sistem saraf manusia, vitamin B diperlukan dalam rangka mempertahankan kondisi tubuh untuk tetap sehat. Untuk pria, kandungan vitamin B diperlukan untuk kekuatan sperma. Kekurangan Vitamin B12 pada pria,cenderung menghasilkan jumlah sperma yang lebih rendah dan lebih lambat pergerakannya.

2.Vitamin C
Vitamin C memiliki manfaat dalam melindungi sperma dari reaksi oksidatif dari radikal bebas. Serangan dari oksidatif serta radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA dalam sperma.

Vitamin C didalam tubuh pria juga bermanfaat dalam mencegah sperma untuk saling menempel, sehingga motilitas sperma bisa meningkat untuk kesempatan lebih besar ketika membuahi sel telur.

Asupan Vitamin C yang memadai juga lebih dapat meningkatkan motilitas sperma sebanyak 30% serta mengurangi jumlah sel sperma yang tidak normal (cacat).

3.Vitamin E
Jenis vitamin juga merupakan vitamin kesuburan. Vitamin ini dalam tubuh pria bermanfaat memperbaiki fungsi kelenjar endokrin (untuk mengatur kesehatan secara keseluruhan bagi tubuh. Vitamin E sangat baik untuk menunjang kesuburan pria. Selain itu Vitamin E juga bisa mememberi nutrisi kelembaban kulit sehingga membuat awet muda.

4.Folid Acid
Folid Acid (Asam folat) merupakan nutrisi penting dalam pembentukan DNA dan penciptaan sperma. Menurut jurnal Fertility and Sterility (2/3/16), pria dengan masalah kesuburan dapat memiliki kenaikan sebanyak 74% dari jumlah sperma normal setelah selama 26 minggu mengkonsumsi asam folat dan zinc.

Untuk manfaat yang lebih, Asam folat harus ditingkatkan bersama dengan seng (zinc), karena asupan salah satu dari kedua unsur tersebut tidak memiliki peningkatan yang signifikan untuk produksi sperma. Folid Acid dan Zinc saling berkerja sama untuk membangun sperma dengan baik.

Foto Daily Mail
Foto Daily Mail

5.L-Carnitine
Motilitas sperma ditentukan oleh tingkat Carnitine dalam air mani dan sperma. Kedua zat tersebut,dalam tubuh pria memiliki hubungan secara langsung. Sperma mendapatkan motilitas dan dukungan, apabila jumlah Carnitine memadai. Sebaliknya, secara keseluruhan apabila asupan Carnitine rendah kualitas sperma menjadi buruk .

6.Selenium
Selenium sangat penting dalam memproduksi sperma dan testosteron. Hampir setengah dari selenium dalam tubuh pria disimpan dalam testis dan saluran mani.

Jika tingkat selenium tidak mencukupi, maka sperma yang dihasilkan cenderung memiliki motilitas kurang lincah karena ekor yang tidak terbentuk dengan baik. Sehingga menyebabkan sperma kurang aktif dan tidak mampu berenang dengan cepat.

Foto Malefertilityspecialist.com
Foto Malefertilityspecialist.com

7.Zinc
Zinc berperan dalam berbagai aspek dalam reproduksi pria. Khususnya bagi air mani, sperma dan testosteron. Zinc dibutuhkan bagi pembentukan sperma, motilitas sperma dan metabolisme hormon.

Pria yang kurang subur biasanya memiliki Zinc dengan tingkat yang lebih rendah dari normal. Tingkat testosteron mereka juga lebih rendah. Asupan Zinc yang mencukupi dapat meningkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma itu sendiri. Tentu saja, hal ini penting bagi kesehatan organ reproduksi dan kelenjar prostat.
Dari berbagai sumber