Kompetisi Foto Bawah Laut Raja Ampat Kembali Digelar, Yuk Ikutan!

Jakarta, Sayangi.com – Untuk kali ketiga, kompetisi foto bawah laut Raja Ampat kembali digelar. Kompetisi foto ini terbuka untuk umum, baik peserta dalam negeri ataupun peserta dari luar negeri.

Dalam gelaran pameran Deep & Extreme Indonesia 2017 yang digelar di JCC Senayan Jakarta, Minggu 2 April 2017 kemarin, Kabupaten Raja Ampat yang juga turut serta meramaikan pameran tersebut me-launching acara Raja Ampat Underwater Photo Competition bertajuk Raja4 West Papua Kapolda Cup 2017.

Acara launching tersebut dihadiri dan diresmikan oleh Kapolda Papua Barat dan Bupati Raja Ampat. Kapolda Papua Barat, Martuani Sormin Siregar mengungkapkan akan mempersipakan keamanan khusus untuk menjaga keselematan dan ketertiban acara tersebut.

“Ini merupakan event yang ketiga kalinya dan kami akan mempersiapkan keamanan khusus untuk menjaga keselamatan dan ketertiban acara ini agar berlangsung dengan lancar, diharapkan juga dengan adanya acara ini dapat membantu keinginan para sodara-sodara kami yang ada di negeri ini untuk berkunjung ke Raja Ampat,” ujar Kapolda Papua Barat, Martuani Sormin Siregar, dalam rilis yang diterima Sayangi.com, Senin (3/4/2017).

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengatakan, peraturan kompetisi masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, ketentuan lomba foto bawah laut ini dilaksanakan dengan cara mengirim hasil foto-foto ke panitia melalui email, lokasi pemgambilan foto juga harus berada di Kabupaten Raja Ampat tanpa dibatasi oleh spot. Dan untuk meminimalisir kecurangan, pihaknya telah menyiapkan tim khusus untuk meneliti keaslian foto dari para peserta.

“Kami tidak membatasi atau menentukan spot-spot khusus dalam lomba ini, yang penting selama masih di wilayah Kabupaten Raja Ampat. Terkait keaslian fotonya juga telah disiapkan tim khusus yang menangani hal ini. Jadi peserta tidak bisa curang dengan memanipulasi atau mengambil foto orang lain.” tegasnya.

Kompetisi ini tak pernah sepi peserta. Antusiasme yang besar terlihat dari banyaknya pendaftar dari dalam dan luar negeri yang ingin mengikuti kompetisi ini dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut Kadispar Raja Ampat, Yusdi lamatenggo, acara ini merupakan salah bagian dari rangkaian acara yang telah dipersiapkan untuk tahun 2017 dalam menarik para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Khusus di tahun 2017 ini lomba foto West Papua Kapolda Cup, menambahkan 1 kategori lomba foto, yaitu kategori Macro (foto binatang2 laut kecil). Jadi selain Kategori Wide Angle (pemandangan) yang sudah dua tahun dilombakan, ada tambahan kategori lomba foto baru yaitu kategori Macro.

Menurut Ronny Rengkung, salah satu panitia dan sekaligus fotografer bawah laut mengatakan, hal tersebut menjadi tantangan baru bagi para penggemar foto bawah laut.

“Hal ini akan menjadi sebuah tantangan baru bagi para penggemar foto bawah laut, apalagi saya telah merasakan sendiri pengalaman foto macro bawah laut Raja Ampat yang indah dan penuh kejutan,” ujar Ronny.

Khusus untuk kategori macro, ada beberapa syarat lain yang berlaku, yakni waktu pengambilan gambar yang harus diambil antara Januari hingga 30 Agustus 2016 saja. Adapun juri penilai dari West Papua Kapolda Cup 2017 ada 5 (lima) orang juri profesional, dari Mancanegara.

Hadiah utama tahun ini dibagi menjadi dua katagori, pertama yaitu pemenang wide angle dengan hadiah utama USD 2.500, exclusive Trophy + Free dive trip dan yang kedua adalah pemenang katagori macro dengan hadiah utama USD 1.500, exclusive Trophy + Free dive trip. Lomba akan ditutup secara resmi pada tanggal 31 Agustus 2017. Sedangkan penjurian akan dilakukan pada September 2017. Pengumuman pemenang akan dlakukan pada bulan Oktober 2017, bersamaan dengan pelaksanaan Festival Raja Ampat 2017.

Anda tertarik untuk mengikuti kompetisi foto bawah laut ini? Silahkan akses informasi lengkapnya di rajaampatdivephoto.com!