Tips Tentukan Kesegaran Sushi Salmon

Foto Carolina Fish Market
Foto Carolina Fish Market

Jakarta Sayangi.com-Siapa yang tidak pernah makan sushi? Makanan yang berasal dari Jepang ini banyak diminati dan disukai oleh beragam kalangan, dari usia anak, remaja, hingga dewasa. Selain rasanya enak, makanan ini menjanjikan keunikan dan sensasi ikan segar.

Sushi biasanya tersedia di beberapa resto makanan Jepang. Bukan cuma di Indonesia atau Jepang, sushi ini juga dikenal oleh banyak orang di dunia. Dan banyak yang menganggap bahwa sushi adalah makanan terlezat di dunia.

Sushi adalah salah satu makanan yang cocok disantap saat perut tak ingin makan terlalu kenyang. Selain itu, sushi juga jadi pilihan saat ingin menikmati rasa asli bahan makanan, yang minim bumbu.

Berbagai Jenis Nigiri Shusi Foto www.Pinterest.com
Berbagai Jenis Nigiri Shusi Foto www.Pinterest.com

Shusi yang punya irisan ikan di kepalan nasi, disebut Nigiri Shushi.  Ada banyak jenis  ikan untuk menjadi irisan tipis diatas nasi,ikan tuna, salmon, scallop,udang, ikan bincho, ikan bora atau greyfish mullet, ikan Hedai.

Syarat wajib yang harus dipenuhi dalam membuat sushi  adalan bahan baku harus segar. Karena kesempurnaan cita rasa sushi sangat ditentukan oleh kesegaran bahan baku dan proses pembuatannya. Hanya muncul pertanyaan bagaimana cara penikmat sushi mengerti tentang kesegaran shusi. Dikutip dari beberapa sumber, sayangi.com merangkum tip praktis menentukan kesegaran sushi salmon adalah melalui:

1.Aroma
Ikan yang segar pastinya memiliki aroma yang juga segar. Tidak tercium  bau menyengat atau bau busuk .

2.Tekstur
Tekstur ikan juga bisa memperlihatkan kesegaran ikan. Ikan Salmon misalnya, tekstur yang kenyal menandakan ikan yang dipakai masih segar dan enak untuk disantap.

3. Warna
Warna irisan daging ikan haruslah alami. Hal ini tak berarti warna yang semakin terang maka daging makin segar.

Pada ikan tuna misalnya, daging yang sangat merah belum tentu segar. Beberapa penjual daging tuna nakal seringkali menyepuh dagingnya sehingga warna daging ikannya makin merah dan ‘terlihat’ segar.”Daging ikan tuna yang segar dengan kualitas terbaik seharusnya memiliki warna pink kemerahan,” Selain itu ciri khas ikan tuna segar memiliki daging berwarna pink dan sedikit berminyak.”

4. Waktu
“Waktu terbaik untuk makan sushi dengan rasa yang paling segar adalah 5 detik setelah disajikan,” ucap chef asli Jepang ini. Setelah 5-10 detik pasca dibuat, kualitas sushi terutama nasi dan daging ikannya sudah mulai menurun , setelah 5-10 detik pasca dibuat . Setelah itu sushi masih bisa dimakan, hanya saja dianggap kualitas rasa sudah berkurang.

Foto Feeling Nibblishs
Foto Feeling Nibblishs