Resep Minuman Hangat: Wedang Jahe Sereh

Jakarta, Sayangi.com – Dimusim penghujan yang masih berlangsung seperti sekarang ini, minuman hangat menjadi salah satu yang digemari banyak orang. Selain teh hangat, wedang jahe sereh juga bisa menjadi pilihan minuman yang menghangatkan tubuh di cuaca yang terkadang tak menentu.

Tak hanya menghangatkan, campuran jahe dan sereh juga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti pilek, sakit kepala sampai menghilangkan rasa nyeri di bagian senti dan otot. Aroma sereh yang memikat juga bermanfaat untuk merelaksasi pikiran. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri pada sereh bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pada usus, lambung dan saluran kemih. Sedangkan senyawa analgesik yang ada pada tanaman serai berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri di bagian kepala, otot maupun persendian.

Jahe dan sereh merupakan tanaman obat yang mudah Anda dapatkan di pasar tradisional, atau di pasar swalayan terdekat. Berikut bahan, dan cara membuat wedang jahe sereh:

Bahan:
2/3 ruas jahe (memarkan)
5 batang serai (memarkan)
4 sdm gula pasir
2 sdm gula jawa
5 gelas air

Cara Membuat:

  • Bersihkan jahe dan batang sereh dari kotoran maupun tanah yang masih menempel memakai air mengalir.
  • Rebus air hingga mendidih. Masukkan jahe dan batang serai ke dalamnya dan rebus hingga matang. Untuk mendapatkan rasa jahe dan sereh yang lebih kuat, rebuslah lebih lama hingga air berkurang menjadi 2 atau 3 gelas.
  • Tambahkan gula pasir dan gula jawa lalu aduk rata hingga larut.
  • Jika sudah, matikan kompor lalu saring.
  • Tuang ke dalam gelas saji dan segera nikmati selagi masih hangat.

Untuk menakar rasa manis, Anda bisa saja tidak menyertakan gula pasir dalam air rebusan. Anda bisa menuangkan gula pasir sesuai selera ketika menyajikan wedang jahe sereh ini selagi hangat. Pembuatan wedang jahe sereh ini terbilang sangat mudah, terlebih lagi mengingat segudang manfaatnya, jadi tunggu apalagi? Yuk, bikin!