Panitia Aksi 313 Tunggu Janji Kapolda Bebaskan Al Khaththath

Muhammad Al Khaththat di Mako Brimob
Muhammad Al Khaththat saat diperiksa di Mako Brimob

Jakarta, Sayangi.com – Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath masih ditahan di Mako Brimob, Depok, hingga hari ini, Senin (3/4) atas dugaan permufakatan makar. Penahanan Al Khathtath hingga hari ini membuat peserta aksi 313 kecewa dengan sikap pihak kepolisian.

Hal tersebut seperti diungkapkan panitia dari Steering Committee aksi 313, Usama Hisyam, ia mengatakan, sebenarnya aksi 313 telah sejalan dengan perjanjian pihak kepolisian dan koordinator aksi. Ia mengaku juga telah memenuhi permintaan pihak kepolisian dengan tidak melakukan aksi tersebut di Istana Negara.

“Kami telah membatalkan aksi long march ke Istana Presiden, karena selain desakan polisi, Menkopolhukam Wiranto juga meminta agar delegasi aksi diterima di kantornya,” ujar Usama, di Jakarta, Senin (3/4).

Usama juga mengatakan, Menkopolhukam Wiranto juga berjanji untuk membebaskan Al Khaththath bila massa mau membubarkan diri sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Bahkan, lanjutnya, Wiranto berjanji membebaskan Al Khaththath pada Jumat (31/3) lalu.

“Pak Wiranto menyatakan sudah menelepon Pak Kapolri untuk membebaskan Al Khaththath,” tegasnya.

Usama mengaku saat itu ia lantas menghubungi Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan untuk membebaskan Al Khaththath. Akan tetapi, saat itu Kapolda memberi tahu bahwa Al Khaththath tidak dapat dibebaskan karena permasalahan hukum.

“Saya tanya ke Pak Kapolda saat itu, massa tidak akan membubarkan diri karena ulamanya ditahan. Jadi bagaimana ini, pak?,” ujar Usama.

Usama juga memaparkan bahwa saat itu Iriawan berjanji akan membebaskan Al Khaththath bila massa mau membubarkan diri pukul 17.00 WIB. “Kami menyanggupinya. Kami ikuti aturan main polisi,” imbuhnya.