Polri Siap Hadapi Gugatan Sri Bintang di Peradilan Internasional

Kabagpenum Mabes Polri Kombespol Martinus Sitompul. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Kabagpenum Mabes Polri Kombespol Martinus Sitompul. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Sri Bintang Pamungkas berencana akan melaporkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke Mahkamah Internasional. Laporan tersebut dilakukan karena Sri Bintang merasa ada kejanggalan dalam kasus dugaan permufakatan makar 2 Desember lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombespol Martinus Sitompul mengaku, pihak kepolisian siap menghadapi laporan tersebut.

“Kita siap hadapi,” tegas Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/4).

Martinus juga menganjurkan, bila pengacara para tersangka merasa diperlakukan tidak ada adil oleh kepolisian, lebih baik mengajukan pra peradilan. Pasalnya, Indonesia memiliki mekanisme untuk menguji konsekuensi hukum di praperadilan.

“Ada baiknya laporan itu diuji praperadilan. Bukan ke pengadilan atau mahkamah internasional,” jelasnya.

Lebih jauh Martinus menjelaskan, Indonesia adalah negara hukum. Oleh karena itu, setiap warga negaranya harus tunduk kepada hukum yang berlaku.

“Karena kita punya mekanisme untuk menguji konsekuensi hukum di praperadilan. Kita patut sadari kita negara hukum, dan setiap warga negara diatur oleh hukum,” tukasnya.

Seperti diketahui, Sri Bintang Pamungkas ingin menggugat Kapolri Jendral Tito Karnavian terkait dengan penangkapan dan penahanan dirinya atas dugaan makar. Hal tersebut karena Sri Bintang menilai penahanan dirinya sarat dengan kejanggalan.

“Karena kalau (waktu itu) Kapolri tidak memberi pemicu, Kapolda tidak akan jalan,” ujar Sri Bintang, di Jakarta, Kamis (23/3).