Merasa Dianiaya Saat Sidang, Anggota DPD Lapor Polisi

Kericuhan di sidang paripurna DPD RI, Senin (3/4/2017)
Kericuhan di sidang paripurna DPD RI, Senin (3/4/2017)

Jakarta, Sayangi.com – Pihak Polda Metro Jaya mengaku siap memproses laporan dari seorang anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Muhammad Afnan Hadikusumo. Senator asal Yogyakarta tersebut melaporkan dugaan pengeroyokan yang dilakukan oleh sesama anggota DPD lainnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono mengatakan, sampai saat ini pihaknya batu mendapatkan laporan dari Afnan terkait insiden yang menimpanya. Insiden pengeroyokan tersebut terjadi dalam ruang rapat DPD, komplek Parlemen Senayan.

“Laporannya dengan pasal 170 KUHP terkait pengeroyokan, dan laporan juga telah diterima,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/4).

Argo juga mengatakan, dalam laporan tersebut, ada dua orang terlapor yaitu Benny  Rhamdhani dan Delis Julkarson Hehi. Menurut Argo, dalam laporannya, Afnan menderita luka dibagian kepala.

“Kami akan melakukan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi, sekarang masih diperiksa,” ujarnya.

Lebih jauh Argo mengatakan, pihaknya tidak memandang asal-usul pelapor yang merupakan anggota DPD, begitu pula terhadap yang dilaporkan yang juga anggota DPD. Menurutnya, polisi tidak memandang bulu terhadap siapa yang melakukan pelanggaran hukum.

“Kita akan proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Seperti diketahui, Sidang paripurna DPD RI, Senin (3/4) diwarnai perdebatan alot, selain itu, sidang juga diwarnai aksi saling dorong. Kericuhan tersebut dimulai saat salah satu Anggota DPD dari Jawa Timur, Ahmad Nawardi maju ke atas podium dan mengambil alih pengeras suara.

Selain itu, anggota DPD Afnan Hadikusumo mencoba naik ke atas podium, langkah Afnan terhenti karena ia sempat ditarik hingga terjatuh dari atas panggung podium oleh Anggota DPD dari Sulawesi Utara Benny Rhamdani. Suasana pun semakin memanas. Keduanya sempat dilerai oleh petugas keamanan.

Laporan Kepolisian anggota DPD RI
Laporan Kepolisian anggota DPD RI