Oesman Sapta Terpilih Jadi Ketua DPD RI

Oesman Sapta Odang (kiri)/Foto: dok.Sayangi.Com

Jakarta, Sayangi.Com– Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah yang berlangsung ricuh sejak Senin (3/4) siang, akhirnya berakhir pada Selasa (4/4) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB, dengan terpilihnya Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua DPD RI yang baru, didampingi dua orang wakil ketua yakni Nono Sampono dan Darmayanti Lubis.

OSO dipilih secara aklamasi oleh 62 anggota DPD yang hadir, setelah sebelumnya memilih tiga orang calon yang mewakili wilayah barat, tengah, dan timur. Wilayah barat mencalonkan Darmayanti Lubis, wilayah tengah mencalonkan OSO, dan wilayah timur mencalonkan Nono Sampono.

“Menetapkan Saudara Oesman Sapta sebagai Ketua, Saudara Nono Sampono sebagai Wakil Ketua 1 dan Saudari Damayanti Lubis sebagai Wakil Ketua 2,” kata Rini Damayanti, yang menjadi pimpinan sidang bersama AM Fatwa.

Rini Damayanti dan AM fatwa adalah anggota termuda dan anggota tertua yang menjadi pimpinan sidang sementara, setelah Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad meninggalkan ruang sidang karena merasa statusnya sudah demisioner jika mengacu pada aturan masa jabatan pimpinan 2,5 tahun yang berakhir pada tanggal 3 Maret 2017 jam 23.59 WIB.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPD GKR Hemas juga meninggalkan ruang sidang setelah membacakan putusan MA yang membatalkan Tatib DPD Nomor 1/2016 dan 1/2017 perihal masa jabatan pimpinan DPD 2,5 tahun.

Hemas berpendapat, dengan dibatalkannya dua tatib tersebut oleh MA, DPD kembali ke Tatib 1/2014 yang mengatur masa jabatan pimpinan DPD 5 tahun dan karena itu tidak perlu melakukan pemilihan pimpinan baru.

Sikap GKR Hemas tersebut mengundang protes dari sejumlah anggota DPD yang kemudian melayangkan mosi tidak percaya kepada dirinya.

Pelantikan pimpinan DPD yang baru rencananya akan dilakukan pada Selasa siang.