Tips Lancar Travelling Ke Luar Negeri

Foto Travel Trade Jurnal
Foto Travel Trade Jurnal

Saat traveling, hal-hal yang terkesan sepele bisa membuyarkan perjalanan. Hal yang sepele bisa membuat traveling  lebih mudah, atau justru berubah petaka. Untuk itu perhatikan dengan seksama hal hal berikut sebelum bepergian ke luar negeri.

Menara Eiffel. Foto Konstelasi.com
Menara Eiffel.Foto Konstelasi.com

1. Kurs & kartu kredit
Kurs terbaik seringkali diluar negeri bisa didapatkan dengan menggunakan kartu kredit. Atau lebih praktis menyiapkan mata uang negara yang akan dituju. Langkah ini untuk menghindari pemborosan. Karena di beberapa negara apabila kita menukarkan mata uang US ke Lokal harganya biasanya lebih murah beli dibanding kita beli ditanah air.

Masih dalam kaitan kurs,ada bebereapa item yang wajib ditanyakan kepada pihak bank seperti, Berapa nilai kisaran kurs mata uang di negara yang ingin di tuju?. Apakah ada biaya tambahan terkait penggunaan kartu kredit di negara tujuan? Jika ada, berapa persen?

Tanyakan kepada bank-bank apa saja yang menjadi rekanan bank kita di negara tersebut. Ini sekaligus menghindari pembengkakan biaya karena mengambil uang di sembarang ATM. Di negara tujuan yang dikunjungi pastikan membayar tagihan restoran atau hotel dengan mata uang lokal mereka. Hindari meminta mereka untuk mengkonversi ke dollar, karena ini bisa menjadi keputusan buruk dan pemborosan.

2 Kartu nama hotel
Hal pertama yang mesti dilakukan saat tiba di hotel adalah mengambil kartu nama hotel untuk kita simpan. Kartu nama ini akan menolong saat tersesat di jalan. Ini juga akan lebih memudahkan jika berurusan dengan sopir taxi atau transport lokal.Memang banyak negara di dunia mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris, tetapi tidak ambil resiko, sebuah kenyamanan bukan?

Kota Berlin. Foto Tourism is the life
Kota Berlin. Foto Tourism is the life

3 Obat-obatan
Selalu persiapkan penutup mata atau telinga bersama tas obat-obatan. Kita takkan pernah tahu hotel seperti apa yang akan kita inapi dan tingkat kebisingan lingkungan di sekitarnya. Obat obatan yang ‘penting’, dibawa saat traveling adalah obat alergi, obat penghilang rasa sakit, atau obat untuk keracunan makanan, obat merah dan plester. Ini karena beberapa negara menggunakan bahasa yang sama sekali asing untuk obat-obatan dan penyakit.

4 Google Maps
Jika kita merupakan orang yang amat mengandalkan peta di telepon genggam saat traveling, pastikan memiliki ‘cadangan’ baterai atau catatan. Masukkan lokasi kita berada, dan lokasi-lokasi tujuan kita. Tandai rute-rutenya. Lalu, lakukan screen capture. Hal ini akan menyelamatkan saat Ketika tiba di daerah yang susah sinyal, atau ketika gajet kehabisan baterai,
Usahakan untuk ngobrol dengan traveller lain saat makan pagi atau saat di smoking room bagi yang merokok. Sesama traveller biasanya informasi detail dan update. Tidak sedikit dari mereka yang mengenal dengan jelas destinasi yang menarik dan bagaimana transportasi menuju tempat tersebut. Jika ingin menggunakan local public transport bisa menanyakan kepada resepsionis. Gunakan Pameo malu bertanya sesat di jalan dan boros pengeluaran.

Foto WorldPress.com
Foto WorldPress.com

5. Gunakan Maskapi Lokal
Jika ingin bepergian dari satu daerah ke daerah lain di negara yang sama, coba cek maskapai lokal sebagai perbandingan dan check bagaimana boardingnya. Ini penting karena beberapa negara maskapi budget menggunakan internet untuk boarding.
Keuntungan yang lain menggunakan Maskapi Lokal karena mereka seringkali menawarkan harga lebih murah ketimbang maskapai luar negeri, jika kita beruntung kita bisa mendapat harga last minute. Keuntungan yang lain diperoleh kita akan membayar dalam mata uang lokal. Kadang kadang selisihnya mata uang dollar dengan mata uang lokal bisa lumayan.

6. Uang tak terpakai
Bagaimana dengan sisa sia uang coin. Kita bisa minta pihak hotel untuk memasukkannya pada pembayaran atau bisa kita belanjakan. So kita tak perlu membawa pulang uang coin yang tersisa banyak , toh uang coin dari negara lain tidak berlaku dan tak bisa ditukar. Well Happy Travelling and Best Luck