Polisi: Para Tersangka Makar Berencana Aksi Serentak di Lima Kota

Kombes Pol Argo Yuwono
Kombes Pol Argo Yuwono

Jakarta, Sayangi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono mengatakan, dari hasil pra rekonstruksi di tempat pertemuan para tersangka dugaan permufakatan makar di Menteng dan Kalibata, pihaknya berhasil menemukan beberapa temuan baru. Dari hasil pra rekonstruksi tersebut, terungkap bahwa para tersangka akan melakukan aksi di lima tempat yang berbeda.

“Untuk kegiatannya tidak hanya di Jakarta saja, jadi serentak di lima kota Indonesia, yang pertama di Makassar, kedua Surabaya, ketiga di Jogja, keempat Bandung, kelima di Jakarta, itu bersamaan,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/4).

Argo juga mengatakan, pertemuan yang dilakukan pada (31/3) lalu baru permulaan saja. Pasalnya, rencananya akan ada pertemuan lagi setelah tanggal 19 April mendatang.

“Yang kedua adalah nanti akan dilaksanakan setelah 19 April dan sebelum bulan Ramadhan. Interval setelah tanggal 19 April sampai Ramadhan, mereka akan melakukan kegiatan yang lebih besar,” bebernya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini juga mengungkapkan pihaknya akan terus mendalami kasus ini. Dalam waktu dekat, kata Argo, penyidik akan memeriksa beberapa saksi ahli.

“Kita akan memeriksa beberapa saksi ya, saksi ahli. Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli politik, dan lain sebagainya, kita masih lakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Saat ditanya mengenai isu keberadaan para tersangka makar di tahanan Polda Metro Jaya, Argo membantahnya. Menurutnya para tersangka masih berada di Mako Brimob.

“Nggak, tadi malam yang keempat kita bawa ke sini (Polda Metro Jaya). Namun sudah kita pulangkan ke Mako Brimob, lima-limanya di Mako Brimob,” katanya.