Ini 7 Komisioner KPU dan 5 Bawaslu Pilihan Komisi II DPR

Suasana fit and proper test calon anggota KPU di Komisi II DPR/Foto: Fahri Haidar

Jakarta, Sayangi.Com– Melalui pemungutan suara di Gedung DPR yang berlangsung hingga Rabu (5/4) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB, 55 anggota Komisi II DPR RI telah memilih 7 komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2017-2022.

Pemungutan suara dilakukan setelah Komisi II DPR secara maraton, pada Senin dan Selasa (3-4 April), melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 14 calon komisioner KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang diusulkan Pemerintah.

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan, hasil pemungutan suara ini akan dibawa ke rapat badan musyawarah (Bamus) DPR siang ini sekitar pukul 12.00 WIB, agar diagendakan untuk dibacakan pada rapat paripurna DPR Kamis (6/4) besok.

Berikut adalah 7 komisioner KPU terpilih:

1. Pramono Ubaid Tanthowi, 55 suara
2. Wahyu Setiawan, 55 suara
3. Ilham Saputra, 54 suara
4. Hasyim Asy’ari, 54 suara
5. Viryan, 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik, 48 suara
7. Arief Budiman, 30 suara

Dari 7 komisioner terpilih, hanya dua orang yang merupakan wajah lama, yakni Hasyim Asy’ari dan Arief Budiman. Lima lainnya adalah wajah-wajah baru yang sebelumnya berpengalaman menjadi komisioner KPU atau Bawaslu di tingkat Provinsi.

Pramono Ubaid Tanthowi adalah Ketua Bawaslu Banten, Wahyu Setiawan anggota KPU Jawa Tengah, Ilham Saputra mantan Ketua KIP Aceh, Viryan anggota KPU Kalimantan Barat, dan Evi Novida Ginting Manik anggota KPU Sumatera Utara.

Berikut adalah 5 komisioner Bawaslu terpilih:

1. Ratna Dewi Pettalolo, 54 suara
2. Mochammad Afifuddin, 52 suara
3. Rahmat Bagja, 51 suara
4. Abhan, 34 suara
5. Fritz Edward Siregar, 33 suara