Tjahjo Puji Kinerja DPR Sidang Sampai Subuh Pilih Komisioner KPU-Bawaslu

Mendagri Tjahjo Kumolo

Jakarta, Sayangi.Com– Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi Komisi II DPR RI yang telah melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon komisoner KPU dan Bawaslu, hingga bersidang sampai menjelang waktu salat subuh (dini hari).

“Kinerja Komisi II DPR yang bekerja sampai pagi, pemerintah sangat mengapresiasi,” kata Tjahjo Kumolo, melalui pesan singkat, di Jakarta, Rabu (5/4) pagi.

Tjahjo menyatakan, pemerintah akan mengikuti keputusan Komisi II DPR terkait dengan nama-nama komisioner KPU dan Bawaslu yang terpilih.

“Nama-nama yang lolos tersebut pemerintah ikut saja sebagaimana keputusan secara demokratis dan fair oleh yang terhormat anggota DPR dalam memilih keanggotaan KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Tjahjo yakin, secara kolektif siapa pun yang terpilih akan mampu melaksanakan tugasnya bersama fungsi pengawasan DPR.

“KPU dan Bawaslu adalah mitra pemerintah dan mitra DPR dalam mewujudkan Pemilu yang demokratis dan memperkuat sistem pemerintahan presidensiil multipartai,” kata Tjahjo.

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui pemungutan suara yang berlangsung hingga Rabu (5/4) sekitar pukul 04.00 WIB, Komisi II DPR telah memilih 7 komisioner KPU dan 5 komisioner Bawaslu periode 2017-2022. Nama-nama itu akan dibacakan di rapat paripurna DPR Kamis (6/4) besok untuk mendapat persetujuan dari seluruh anggota DPR.

Para komisioner KPU dan Bawaslu itu telah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilakukan Komisi II DPR secara maraton pada Senin dan Selasa (3-4 April 2017).