Polri: Berkas Perkara Buni Yani Sudah Dilimpahkan ke Kejari Jabar

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjenpol Rikwanto mengatakan, kasus yang melibatkan Buni Yani telah siap untuk disidangkan di pengadilan. Seperti diketahui, Buni Yani sendiri menjadi tersangka kasus ujaran kebencian.

Rikwanto menjelaskan, berkas perkara tersebut telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jawa Barat. Namun, kata Rikwanto, pihaknya belum memanggil Buni Yani untuk menjalani persidangan tersebut.

“Tinggal tahap 2, tahap 1 diterima berkas perkaranya dinyatakan sudah lengkap, tahap 2 tersangka dan barang bukti. Nanti kita buatkan undangan, surat panggilan,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (5/4).

Mengenai kapan Buni Yani akan dipanggil, Rikwanto belum dapat memastikan. Menurutnya, pemanggilan tersebut adalah kewenangan penyidik.

“Kita cari waktu untuk memanggil yang bersangkutan beserta dengan buktinya. Kemudian kita tentukan waktunya, selanjutnya kita serahkan ke kejaksaan,” jelasnya.

Lebih jauh Rikwanto menjelaskan, saat ini penyidik tengah melacak keberadaan Buni Yani. Apalagi mengingat bahwa berkas perkaranya baru saja rampung belum lama ini.

“Kan barusan saja P21-nya, nanti direncanakan, kita cek dulu ada di mana keberadaan Buni Yani. Kita cari tahu dimana apa di daerah tertentu, dekat-dekat saja, nanti kita buat undangan, panggilan untuk kita hadapkan ke pihak kejaksaan,” tuturnya.

Seperti diketahui, sejak Kamis (24/11/2016) lalu, Buni Yani yang sudah dijadikan tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya. Ia dikenakan pencegahan ke luar negeri, namun tidak ditahan.

Status tersangka itu bukan terkait penyebaran video, tapi menyangkut tiga paragraf tulisan Budi Yani yang dianggap menyebarkan kebencian. (S2)