Duh Ternyata, Menteri Jokowi pun Bingung Apa Itu Revolusi Mental

Darmin Nasution

Jakarta, Sayangi.com – Sejak kampanye Pilpres 2014 lalu, Revolusi Mental menjadi andalan kampanye Joko Widodo. Ketika terpilih pun, ia tetap menggaung-gaungkan Gerakan Revolusi Mental tersebut.

Namun ternyata, tak semua orang paham tentang apa substansi Revolusi Mental yang disuarakan Jokowi. Bahkan anehnya, salah seorang anggota kabinet kerja pemerintahan Jokowi hingga saat ini masih kebingungan melaksanakan Revolusi Mental tersebut.

Adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu Darmin Nasution yang mengakui hal itu. Ia mengaku kebingungan karena tidak ada rumusan dan tolok ukur dan kegiatan yang pasti yang harus dilaksanakan dalam Revolusi Mental itu.

“Terus terang saya kadang mikir, Revolusi Mental itu seperti apa, bagaimana itu mau dijalankan, karena belum ada yang merumuskan,” kata Darmin di Jakarta, Rabu (5/4).

Namun begitu, meski mengaku masih bingung dengan revolusi mental itu, Darmin minta para pegawai di Kantor Menko Perekonomian untuk memperbaiki diri dalam menjalankan tugas mereka sebagai abdi negara. Tiga hal yang dia minta dari para pegawainya untuk dijaga dalam bekerja, yakni ketekunan, kecermatan, dan kejujuran.

“Untuk cermat, kenapa saya minta? Dengan itu semua bisa dilihat secara kritis, sehingga bisa diketahui kalau ada yang salah,” jelasnya.