PAN Bingung dengan Sikap MA yang Melantik Pimpinan DPD Baru

Mulfachri Harahap / Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Fraksi PAN DPR RI, Mulfachri Harahap mengaku belum bisa mengerti dengan sikap Mahkamah Agung (MA) yang melakukan pelantikan pimpinan DPD RI yang baru.

Pasalnya, dalam amar putusan MA Nomor 20P/HUM/2017 menegaskan bahwa masa jabatan pimpinan DPD tetap 5 tahun. Sehingga pimpinan DPD masih tetap merupakan pimpinan yang lama hingga 2019.

“Kita bingung, confuse, bagaimana MA bisa melantik kepengurusan baru DPD yang mana MA nyatakan kepemimpinan di DPD tidak dibatasi. MA mengatakan itu karena karakteristik DPD sama dengan DPR, sehingga periodenya 5 tahun,” kata Mulfachri di ruang fraksi PAN DPR, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/4).

Kendati demikian, dia mengaku tetap menghormati apa yang menjadi kebijakan DPD sekaligus mengucapkan selamat atas kepemimpinan DPD di bawah ketua baru, Oesman Sapta Odang (OSO).

“Agar tidak ada persoalan hukum produk keluaran DPD, DPD harus pertegas kepemimpinan ini. MA juga perlu koreksi instrumen sebelumnya, ini perlu dilakukan demi terciptanya legalitas DPD,” tandasnya. (iy)