PAN Minta Polri Sampaikan Bukti dan Fakta Tuduhan Makar

Mulfachri Harahap
Mulfachri Harahap / Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Wakil ketua komisi III DPR RI Mulfachri Harahap meminta kepada aparat kepolisian untuk segera menjelaskan secara gamblang terkait dugaan permufakatan makar yang dituduhkan kepada penggagas Aksi 313 Muhammad Al Khaththath beberapa waktu lalu. Menurut dia, tuduhan makar adalah tuduhan berat dan serius.

Oleh karenanya, ia meminta Polri agar segera menyampaikan bukti-bukti dan fakta-fakta tuduhan makar tersebut.

“Polisi harus jelaskan secara terang benderang, dan juga harus sungguh-sungguh, karena ini kejahatan serius. Hukumannya maksimal, bisa sampai hukuman mati. Karenanya tuduhan ini harus dibuktikan,” kata Mulfachri di ruang Fraksi PAN DPR Komplek parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/4).

Menurut Mulfachri, tuduhan makar yang ditujukan kepada tokoh agama dan aktivis sudah terjadi tiga kali sejak Desember 2016 hingga Maret 2017.

Ketua Fraksi PAN itu juga meminta aparat kepolisian berkaca pada kasus-kasus sebelumnya yang akhirnya ‘lolos’ karena tak terbukti melakukan makar.

“Kita lihat sendiri, beberapa diantaranya dituduh sudah dilepas dan tidak terbukti. Saya ingin menstretching polisi untuk tidak mudah mengambil tuduhan telah atau sedang melakukan makar,” terangnya.

Terlebih lagi pasal makar di dalam KUHP sudah dihapus. Hal tersebut seharusnya menjadi rambu-rambu dalam penerapan pasal makar.

“Kita tahu di dalam KUHP pasal ini sudah di hapus, dan yang tersisa bisa diterapkan kalau buktinya kuat. Polisi harus terang benderang dalam hal ini,” tandasnya. (iy)