Berbagai Manfaat Mengkonsumsi Tomat

www floridatomatoes ori
www.floridatomatoes.org

Jakarta,Sayangi.com- Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae. Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.

Dari ukuran dan bentuk tomat dikelompokkan sebagai berikut,granola, gondol, sayur ceri.Tanpa disadari apapun bentuknya dan olahannya buah Tomat menjadi santapan hari hari. Tomat penuh vitamin dan mineral. Sebuah tomat bisa mencukupi 40 persen kebutuhan vitamin C. Mengkonsumsi beberapa buah tomat sehari akan berdampak luar biasa bagi kesehatan.

Foto Garden Delight
Foto Garden Delight

Dilansir dari berbagai sumber dan India Times menjelaskan kehebatan Tomat:

1. Kaya antioksidan
Tomat kaya vitamin A dan C, plus betakaroten yang sangat ampuh sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam darah. Semakin merah warna tomat, semakin tinggi kandungan betakarotennya.

2. Sahabat rambut
Vitamin A tomat bekerja seperti ‘sihir’ pada rambut dengan membantunya tetap berkilau dan kuat. Tomat juga baik buat kulit, gigi, mata, dan tulang.

3.Bagus buat kulit
Tomat mengandung likopen yang tinggi, zat yang biasa digunakan dalam proses facial yang tarifnya selangit. Mendapatkan likopen langsung dari tomat pasti lebih murah. Caranya, buat pasta dari tomat segar dan oleskan ke wajah. Diamkan sekitar 10 menit lalu bersihkan. Wajah akan terlihat bersih dan bercahaya secara alami.

4. Mencegah kanker
Lagi-lagi likopen menunjukkan peran besarnya. Fungsinya sebagai antioksidan yang bekerja efektif untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan likopen makin banyak pada tomat yang dimasak.

5. Bagus buat tulang
Tomat mengandung kalsium dan vitamin K. Kedua zat ini sangat penting untuk memperkuat tulang, bahkan memperbaiki jaringan tubuh.

Foto BBC
Foto BBC

6. Memperbaiki kerusakan akibat rokok
Tomat memiliki kekuatan untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat merokok. Kandungan asam kumarik dan asam klorogenik akan melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan asap rokok.

7. Menurunkan kolesterol
Tomat juga kaya vitamin B dan potasium, yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

8. Mengurangi risiko terkena batu ginjal
Bila dimakan tanpa biji, tomat mampu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

9. Meningkatkan daya lihat
Tomat mengandung vitamin A tinggi, yang sangat baik buat kesehatan mata. Rutin makan tomat juga membantu mencegah rabun senja.

10. Mengontrol diabetes
Tomat mengandung mineral yang disebut kromium untuk membantu mengontrol gula darah.