Agar tak Terus Jadi Cemoohan, DPD RI Diminta Berbenah

Ilustrasi / Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) diminta melakukan introspeksi diri. Hal itu perlu dilakukan guna menepis desakan pembubaran lembaga itu oleh sejumlah kalangan.

Desakan tersebut makin kencang terdengar usai Oesman Sapta Odang (Oso) dilantik sebagai ketua DPD RI. Padahal Oso kini menjabat sebagai ketua umum partai Hanura dan juga Wakil Ketua MPR. Oleh karenanya, DPD diminta untuk segera membenahi internal lembaga tersebut.

“Mereka harus berbenah, supaya tidak jadi cemoohan dari semua yang minta bubarin,” kata Anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4).

Menurutnya, tantangan yang dimiliki internal DPD sebenarnya adalah bagaimana membangun kinerja yang positif, sehingga memiliki marwah.

“Problemnya kan sebetulnya kinerja, bukan siapa dari mana, tapi apa manfaatnya DPD bagi rakyat,” ujarnya.

Meski begitu, ia menilai bahwa desakan pembubaran DPD sangat sulit dilakukan, mengingat lembaga itu diatur dalam UUD 1945. Sehingga jika ada pihak yang ingin membubarkan DPD, maka harus melakukan amandemen UUD terlebih dahulu.

“Persoalan anggota DPD yang kemudian masuk kepada keanggotaan partai tidak menjadi masalah asalkan kinerja yang dihasilkan baik,” jelasnya. (iy)