Presiden Xi Jinping Tiba di Florida Untuk Bahas Era Baru AS China

Donald Trump dan Xi Jinping

Sayangi.Com– Presiden China Xi Jinping tiba di Florida, Kamis (6/4) siang waktu setempat, untuk melakukan pertemuan pertama kalinya dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam rangka memetakan haluan hubungan AS dan China pada era baru.

Pesawat yang membawa Xi Jinping beserta Ibu Negara Peng Liyuan serta delegasi China, mendarat di Bandara Internasional Palm Beach, dan disambut oleh Menteri Luar Negeri Rex Tillerson. Xi Jinping dan Peng Liyuan muncul dari pintu pesawat dan melambaikan tangan, lalu menuruni tangga pesawat sambil bergandengan tangan.

Xi Jinping mendarat di Bandara Internasional Palm Beach, Florida, dan disambut Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson/Foto: Reuters

Dari bandara, Xi dan istrinya langsung menuju resort milik Trump “Mar-a-Lago”, di Palm Beach, yang disebut Trump sebagai Gedung Putih di Selatan atau Gedung Putih di Musim Dingin. Trump dan ibu negara Melania menyambut kedatangan tamunya untuk selanjutnya mengadakan jamuan makan kenegaraan.

Dalam lawatan 24 jam di Florida, Xi dijadwalkan melakukan pembicaraan dengan Trump menyangkut berbagai masalah bilateral, kawasan dan global.

Sebelumnya, Donald Trump sendiri meramalkan tatap muka pertamanya dengan Xi Jinping akan berisi pembahasan yang “sangat sulit,” karena AS tidak bisa lagi memiliki defisit perdagangan yang sangat besar dan kehilangan lapangan kerja. Trump juga sudah mengeluarkan perintah eksekutif di bidang ekonomi untuk menelisik negara-negara yang diduga menjadi penyebab defisit neraca perdagangan AS, yang di dalamnya tentu saja terdapat China.

Amerika Serikat merupakan tujuan kedua lawatan dua-negara yang dijalankan Xi. Sebelum sampai di AS, Xi Jinping telah melakukan kunjungan kenegaraan di Finlandia.

Sempat Tak Mau bertemu di Mar-a-Largo

Donald Trump menyatakan bahwa villa pribadinya Mar-a-Lago telah dirancang sebagai tempat sempurna untuk menjamu para tamu negara, tetapi pihak China awalnya enggan ketika Trump menyatakan akan menjamu Presiden China Xi Jinping di sana, kata sejumlah pejabat Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

Kendati pernah menyaksikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dijamu Trump di Mar-a-Lago Februari lalu, para pejabat China memandang bangunan bergaya Spanyol yang menghadap samudera di Palm Beach, Florida, itu kurang begitu simbolis ketimbang Gedung Putih.

“Mereka bilang tidak, harus Gedung Putih, simbolnya ada di sana. Mereka akhirnya diyakinkan bahwa tempat itu layak,” kata seorang pejabat pemerintahan AS kepada Reuters.

Presiden China Xi Jinping dan istrinya Peng Liyuan disambut Donald Trump dan ibu negara Melania di kompleks resort Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida/Foto: AFP

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menyatakan China tidak memasalahkan tempat pertemuan.

“Tak masalah di mana kedua kepala negara bertemu, yang paling penting adalah mengembangkan hubungan China-AS dan membuat kontribusi untuk kedua negara dan dunia,” kata Hua, dikutip dari Reuters.

Mar-a-Lago yang disebut Trump sebagai Gedung Putih musim dingin atau Gedung Putih di Selatan