Mau Lebih Bahagia?. Tidurlah Siang Sebentar

Foto Daily Express
Foto Daily Express

Jakarta,Sayangi.com– Baru baru ini penelitian dari Inggris menunjukkan tidur siang membuat lebih bahagia, namun tak berarti tidur selama berjam-jam. Walaupun begitu para peneliti menyarankan pembatasan tidur siang yakni sekitar setengah jam atau kurang dari itu.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tidur siang kurang dari 30 menit membuat tubuh lebih fokus, produktif, dan kreatif. Temuan baru ini menunjukkan hanya tidur siang singkat juga bisa menjadi lebih bahagia dengan hanya tidur siang singkat,” kata psikolog Richard Wiseman dari University of Hertfordshire, publish (23/3/14).

Sebuah survei online memperlihatkan lebih dari 1.000 orang merasa bahagia dan ini berhubungan dengan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk tidur siang. Dalam survei itu, ke-1000 orang itu terbagi menjadi tiga kelompok, responden yang tidak tidur siang, responden yang tidur selama 30 menit dan responden yang tidur siang lebih dari 30 menit.

Hasilnya penelitian menunjukkan, dua per tiga mereka yang tidur siang sekitar 30 menit (66 %) dilaporkan merasa bahagia dibanding 60 (%) persen partisipan yang tidak tidur siang dan 56% kelompok responden yang tidur siang cukup panjang.

Bila diukur melalui skala kebahagiaan, orang-orang yang tidur siang singkat mencetak angka 3,67 (dari 5), responden yang tidur siang 3,53 dan 3,44 untuk respondenyang tidur siang cukup panjang.

Faktor usia ternyata juga memainkan peran dalam ritme tidur. Orang-orang muda (berusia 18 sampai 30) yang cenderung kurang tidur di malam hari, cenderung menghabiskan waktu lebih panjang tidur siang ketimbang 30 persen partisipan yang berusia di atas 50 tahun.

Foto Rise For India
Foto Rise For India

Wiseman juga menyebutkan, Perusahaan seperti Google bahkan telah menyediakan ruang tidur siang untuk karyawannya. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dalam waktu singkat meningkatkan kinerja.