Polda Lampung Gelar Lomba Triathlon Yang Akan Jadi Event Tahunan

Kapolda Lampung Irjen Pol. Sudjarno melepas peserta lomba

Bandar Lampung, Sayangi.Com- Polda Lampung, Minggu (9/4) pagi, menggelar lomba “Triathlon Bhayangkara Krakatau 2017” sebagai rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-71 sekaligus ajang promosi pariwisata Provinsi Lampung.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Lampung ini diinisiasi Kapolda Lampung Irjen Pol. Sudjarno, dan direncanakan bakal menjadi ajang atau event tahunan.

Lomba yang mencakup renang di pantai, mengayuh sepeda, dan lari marathon ini diikuti sekitar 300 peserta, kategori putra dan putri.  Peserta berasal dari Lampung, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta. Ada yang merupakan anggota TNI, anggota Polda Lampung, masyarakat umum, dan atlet nasional.

Direktur Krimsus Polda Lampung, Kombes Pol. Rudi Setiawan, tampak menjadi peserta dalam lomba ini. “Jadi pengembira saja, sekadar menunjukan masih semangat berolah raga. Semoga kegiatan ini berlanjut di tahun-tahun ke depan,” kata Rudi sambil tertawa, di tengah barisan peserta lomba.

Kombes Pol. Rudi Setiawan (kaos orange lengan hitam dengan kacamata renang) di tengah peserta lomba menjelang start

Lomba dimulai pada pukul 07.30 WIB dari Pantai Mutun, Teluk Betung, ditandai dengan kibasan bendera start oleh Kapolda Lampung Irjen Sujdarno didampingi Danrem Garuda Hitam, Danlanal dan sejumlah pejabat Pemprov Lampung.

Sebelum melepas peserta lomba, Irjen Sudjarno mengatakan bahwa kontur jalan yang menanjak dan harus berbagi dengan pengguna jalan raya merupakan tantangan yang harus dihadapi para peserta.

“Berlomba secara fair sesuai aturan, yang paling utama jaga keselamatan sepanjang lomba berlangsung. Selamat menikmati lomba,” kata Sudjarno.

Para peserta berenang 300 meter menyeberangi pantai lalu menuntun sepedanya ke garis start. Setelah bendera dikibaskan oleh Irjen Pol Sudjarno, peserta lomba mengayuh sepeda sejauh 11 Kilometer menuju Mapolda Lampung, di Kota Bandar Lampung. Dari Polda Lampung, peserta lari sejauh 4 Km dengan rute Jl. Pattimura, Jl. DR Warsito, Jl. Basuki Rahmat, Jl. WR Supratman dan finish di Mapolda Lampung kembali.

Daftar Pemenang

Pemenang lomba ini diberi hadiah masing-masing satu unit motor dan plakat juara. Untuk seratus peserta yang berhasil sampai ke garis finish juga diberikan medali khusus.

Hadiah lomba diserahkan oleh Kapolda Irjen Sudjarno, Wakapolda Brigjen Bonifasius Tampoi, dan sejumlah tamu undangan.

Finish di Mapolda Lampung

Untuk kategori putri, juara I diraih Eva Desiana (29) asal Sumatera Barat. Peserta bernomor 316 ini menorehkan catatan waktu 48 menit. Selanjutnya Juara II adalah Serda Wahyu Rianti (19) yang berasal dari Secapa AD Jawa Barat. Peserta bernomor 060 ini mencatat waktu 52 menit 20 detik. Juara III adalah Vania Carissa Wanta (31) asal Lampung. Peserta bernomor 303 ini membutuhkan waktu satu jam 8 menit untuk sampai ke garis finish.

Untuk kategori Putra, juara I direbut Jauhari Johan asal Palembang dengan nomor dada 056. Atlet triathlon nasional ini mencatat waktu 41 menit 31 detik. Juara II diraih M Ahlul Firman asal Palembang (nomor dada 059), dengan catatan waktu 41 menit 32 detik. Juara III diraih Reza Novaris asal Bandung (nomor dada 124) dengan waktu 42 menit 5 detik.