Prancis Siap Dukung Mesir Perangi Terorisme

Presiden Prancis Francois Hollande/Foto: cnn.com

Paris, Sayangi.Com– Presiden Prancis, Francois Hollande, berjanji akan mengerahkan kekuatan negerinya guna mendukung perang Mesir melawan terorisme setelah pengeboman di dua gereja Koptik di negara itu.

“Mesir kembali diserang oleh teroris yang ingin menghancurkan keragaman dan persatuannya,” kata Hollande, dalam pernyataan yang dirilis kantornya, Minggu (9/4).

Hollande menyampaikan solidaritas kepada Pemerintah Mesir dalam menghadapi apa yang ia sebut sebagai “cobaan berat yang mengerikan”. Ia berjanji akan mengerahkan seluruh kekuatan untuk mendukung Mesir memerangi terorisme.

Seperti diberitakan sebelumnya, serangan bom menyasar dua gereja Kristen Koptik di Kota Tanta dan Iskandariyah, Mesir, pada Minggu (9/4) kemarin. Serangan bom yang dilakukan bertepatan dengan misa Minggu Palem, atau pekan terakhir sebelum perayaan paskah, itu menewaskan sedikitnya 44 orang dan melukai 120 orang lainnya.

Kelompok teroris ISIS telah mengeluarkan pernyataan berisi klaim bahwa mereka adalah pelaku dua serangan bom tersebut.

Presiden Mesir Abdul Fatah Al-Sisi yang menggulingkan Presiden terdahulu Muhammad Mursi pada Juli 2013, melakukan kebijakan keras terhadap kelompok Islam garis keras, terutama kelompok Ikhwanul Muslimin yang menentang keras pengambil alihan kekuasaan itu.

Kebanyakan serangan yang dilakukan kelompok Islam garis keras Mesir, termasuk yang diklaim oleh ISIS, pada awalnya ditujukan ke pasukan keamanan di daerah Sinai Utara. Tapi setelah operasi besar oleh pasukan keamanan yang menewaskan ratusan dan menangkap sejumlah gerilyawan, mereka mulai menyerang komunitas Kristen Koptik yang dianggap mendukung proses penggulingan Presiden Mursi.

Sumber: Reuters/Xinhua