Cegah Kanker Serviks Dengan 5 Makanan Ini!

Mengonsumsi sayur dan buah dapat mencegah penyakit kanker serviks (Foto: Goochgaming)

Jakarta, Sayangi.com – Penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim yang diderita Julia Perez telah menyita perhatian berbagai kalangan. Pengobatannya bahkan telah menelan biaya miliaran rupiah. Tak hanya Jupe, menurut data Departemen Kesehatan terdapat puluhan ribu wanita Indonesia telah didiagnosa penyakit mematikan ini.

Penyebab kanker serviks adalah virus HPV (Human papillomavirus) nomor 16 dan 18. Beberapa faktor risiko kanker serviks antara lain berhubungan intim di usia muda, berganti-ganti pasangan seksual, infeksi menular seksual serta penggunaan obat-obatan yang mempengaruhi sistem imun.

Seperti yang terjadi pada Jupe, gejala kanker serviks memang tak selalu jelas, dan mungkin tidak menimbulkan gejala sama sekali sampai hingga mencapai stadium lanjut. Oleh sebab itu, penting bagi Anda melakukan skrining serviks.

Gejala awal kanker serviks yang mungkin muncul antara lain pendarahan vagina yang tidak biasa, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur. Pada stadium lanjut, gejalanya bisa berupa sembelit, ada darah dalam urin Anda (hematuria), kehilangan kontrol kandung kemih (urinary incontinence), nyeri tulang, pembengkakan pada salah satu kaki, dan nyeri parah di sisi tubuh atau di bagian belakang akibat pembengkakan ginjal, terkait dengan kondisi yang disebut hidronefrosis. Penderita kanker serviks juga akan merasa kehilangan selera makan, penurunan berat badan, dan sering lelah serta kekurangan energi. Demikian seperti dikutip dari Mayo Clinic, Senin (17/4/2017)

Kabar baiknya, ada berbagai cara pencegahan yang bisa dilakukan antara lain dengan vaksinasi Human Papillomavirus (HPV), mengubah gaya hidup, hingga mengonsumsi makanan yang sehat dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Menurut American Cancer Society, risiko seorang perempuan terserang kanker serviks bisa diturunkan dengan mengonsumsi lima porsi sayur dan buah per hari. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam sayur dan buah dapat membantu menghambat atau menghentikan penyebab mutasi sel menjadi sel kanker.

Dilansir dari laman Lifehack, berikut jenis makanan yang dapat membantu mencegah kanker serviks:

Selada. Kandungan plavanoid yang terdapat pada sayuran hijau ini bermanfaat untuk mencegah kanker serviks, dan merupakan nutrisi yang dapat menghambat sel kanker.

Wortel. Sayuran yang mengandung vitamin A ini tak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, tapi juga bermanfaat untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker serviks.

Roti Gandum Utuh. Roti gandum utuh mengandung karbohidrat dan vitamin B6. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mengembalikan metabolisme sel darah merah, dam meningkatkan kesehatan sistem saraf.

Teh Hijau. Tak hanya mengandung antioksidan, teh hijau juga mengandung polifenol yang bisa membantu pembelahan dan pembelahan sel kanker.

Kacang. Kandungan serat dan protein tinggi yang terdapat pada kacang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel. Kacang juga mengandung phytochemical yang berfungsi menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa ini akan melindungi sel sehat agar tak bermutasi dan berubah jadi sel kanker serviks.

Selain dengan lima makanan sehat tersebut, Anda bisa mencegah penyakit kanker serviks dengan menghindari faktor risikonya. Anda disarankan rutin memeriksakan diri ke dookter kandungan. Terutama, bagi wanita yang sudah aktif berhubungan seksual. Misalnya, melakukan pap smear setiap setahun sekali.