Menguak Misteri Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan Cirebon

Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto: Sissy Sue)

Cirebon, Sayangi.com – Selain terkenal dengan kerajinan batik, Cirebon juga memiliki berbagai destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan berlibur diakhir pekan. Terlebih sejak tol Cipali beroperasi, banyak wisatawan yang kian tertarik mengunjungi Cirebon karena akses dan waktu perjalanannnya cenderung lebih singkat.

Salah satu destinasi pilihan yang patut Anda kunjungi adalah Keraton Kasepuhan Cirebon, yang berlokasi di Jl Jagasatru. Tak hanya budaya dan sejarah dari Kesultanan Cirebon dan riwayat hidup salah satu wali Songo, Sunan Gunung Jati yang bisa Anda temukan disini, sebuah lukisan penuh misteri juga akan membuat Anda terpana saat melihatnya.

Adalah lukisan Prabu Siliwangi, yang konon memiliki aura mistis ketika Anda melihatnya. Lukisan berukuran 1,5 x 1 meter itu menggambarkan sosok Prabu Siliwangi yang didampingi harimau lorengnya. Lukisan yang didomimasi warna coklat keemasan dan putih ini konon mampu membuat siapapun yang melihatnya terkesima.

Prabu Siliwangi merupakan pemimpin Kerajaan Padjajaran pada sekitar abad ke-14 dan 15. Ia merupakan pewaris tahta kerajaan Gajah di tanah Pasundan yang semasa hidupnya gemar sekali bertirakat dan berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya.

Menurut salah seorang penjaga museum, lukisan Prabu Siliwangi, kakek dari P. Cakrabuana pendiri Cirebon ini di lukis oleh seorang pelukis asal Garut bernama Santang, sekitar tahun 2008 lalu. Lukisan Prabu Siliwangi ini di buat berdasarkan mimpi sang pelukis, yang mengaku mendapatkan wangsit untuk melukis Sang Prabu dan memberikannya secara gratis kepada Keraton Kasepuhan. Demikian hasil penelusuran tim Sayangi.com ke Keraton kasepuhan Cirebon, belum lama ini.

 

Keunikan dari lukisan ini, kemana pun kita bergerak mata Sang Prabu dalam lukisan tersebut seperti mengikuti tatapan orang yang melihatnya. Tak hanya mata, pun ibu jari kakinya juga! Jika dilihat dari depan, gambar Sang Prabu nampak gemuk dan pendek, namun aneh ketika dilihat dari sisi samping lukisan, gambar Sang Prabu terlihat tinggi dan gagah.

Faktanya, memang banyak pengunjung yang betah berlama-lama memandangi lukisan tersebut. Termasuk saya yang sudah berkali-kali menguji kebenaran tatapan mata Sang Prabu yang sedari tadi melirik kemanapun arah mata saya tertuju. Keunikan lukisan antik ini juga membuat banyak pelukis membuat tiruannya dan dijual sebagai oleh-oleh.

Tak hanya lukisan Prabu Siliwangi, di Keraton Kasepuhan ini Anda dapat melihat benda-benda peninggalan kerajaan masa lampau seperti museum kereta Singa Barong, museum benda kuno, Bangsal Keraton, istana Pakungwati jaman dulu, sumur kejayaan, serta patilasan Pangan Cakrabuana (Sunan Gunung Jati).