Mengingat Kembali Lima Program Unggulan Anies-Sandi

Pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno

Jakarta, Sayangi.Com– Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hampir pasti akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Pasangan ini unggul telak atas Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) menurut hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga.

Meski hasil resmi Pilkada DKI 2017 putaran kedua masih menunggu perhitungan manual oleh KPU DKI, namun Ahok-Djarot sudah mengucapkan selamat atas kemenangan Anies-Sandi dan menyatakan tidak akan menggugat ke MK.

Ada banyak program yang ditawarkan pasangan Anies-Sandi untuk membangun Jakarta lima tahun ke depan, yang dirangkum dalam slogan: “Maju Kotanya, Bahagia Warganya”.

Untuk mengingatkan apa saja janji program pasangan calon ini, berikut adalah lima program Anies-Sandi yang bisa dikatakan cukup menonjol dan banyak dibahas selama masa kampanye atau saat debat antar pasangan calon.

OK OCE

Sandiaga Uno sering mengatakan bahwa program One Kecamatan One Center for Enterprenuership (OK OCE), akan menjadi terobosan untuk mengatasi ketimpangan ekonomi dan keterbatasan lapangan kerja di Jakarta.

Menurut Sandi, pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bisa mengatasi masalah urbanisasi dengan menciptakan banyak lapangan kerja. Program OK OCE dihadirkan untuk mendorong potensi anak muda, membangun pusat wirausaha di kelurahan, memberikan pelatihan ketrampilan bagi pekerja yang terkena PHK, serta memetakan lapangan pekerjaan mana yang defisit dan mana yang surplus jumlah pekerja.

Melalui program OK OCE juga akan diciptakan 44 pusat pertumbuhan industri di Jakarta.

KJP Plus

Anies-Sandi berjanji akan meneruskan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Sehat (KJP), tetapi akan meningkatkan performanya dengan sebutan KJP Plus. Program ini juga akan menjangkau anak putus sekolah.

Anies dan Sandi juga berencana menambah jumlah guru, dosen, dan tenaga kerja medis untuk mendukung kebutuhan bidang pendidikan dan kesehatan.

DP Rumah Rp 0,-

Salah satu program pasangan Anies-Sandi yang paling banyak dibahas dan diminati warga Jakarta adalah program pengadaan rumah murah dengan uang muka (Down Payment) 0 Rupiah.

Program ini ditujukan agar masyarakat Jakarta yang berpenghasilan menengah ke bawah bisa memiliki rumah dengan mencicil. Karena lokasinya di Jakarta, hampir pasti rumah yang dimaksud adalah rumah susun dengan harga terjangkau untuk kelas menengah dan bawah.

Tolak Reklamasi

Dalam berbagai kesempatan, termasuk saat debat antar pasangan calon, Anies Baswedan menyampaikan sikapnya menolak rencana reklamasi di Teluk Jakarta.

Menurut Anies, pemerintah seharusnya melindungi rakyat kecil, termasuk nelayan. Reklamasi hanya akan menguntungkan sebagian pihak saja sementara merugikan lebih banyak rakyat kecil karena mengganggu mata pencahariannya dan merusak lingkungan.

Sandiaga Uno pernah mengemukakan agar Pemerintah menghentikan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Solusinya diupayakan tidak merugikan investor pulau reklamasi, pemerintah maupun warga seperti nelayan yang terkena dampak lingkungan akibat proyek.

Sandi optimis bisa menyelesaikan masalah ini dan minta diberi waktu untuk membenahi aspek hukumnya.
Program khusus lansia dan difabel

Saat berkampanye di kawasan Rawasari, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/17), Anies Baswedan mengatakan bahwa warga lansia akan menerima bantuan Rp300 ribu per bulan.

“Yang tidak kalah penting bagi warga lansia adalah pelayanan kesehatan. Jadi meski pun ada bantuan finansial, penting juga memastikan kesejahteraan sehari-hari lansia terjamin,” kata Anies.

Anies berjanji akan melibatkan perempuan dan kelompok masyarakat dengan kemampuan berbeda atau “different ability” (difabel) dalam pembuatan kebijakan.

Menurut Anies, Jakarta saat ini bukanlah kota yang ramah pada anak, perempuan dan kelompok difabel. Di sisi lain, ia menilai Jakarta justru menjadi kota yang ramah bagi peredaran narkoba.

“Ini bukan salah gubernur. Ini sudah lama terjadi dan merupakan potret Jakarta kita,” ujarnya.

Karena itu, bila terpilih jadi gubernur dan wakil gubernur bersama pasangannya, Sandiaga Uno, Anies berjanji akan menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah pada anak, perempuan dan kelompok difabel. Sebaliknya, ia akan bertindak tegas terhadap peredaran narkoba.

Dari berbagai sumber