Ini Kata Sekjen PDIP Usai Ikuti Sidang Pledoi Ahok

Hasto Kristiyanto (Foto: Sayangi.com)

Jakarta, Sayangi.com– Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terlihat hadir dalam sidang pembacaan pembelaan atau pledoi dalam sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/4).

Hasto mengatakan, dirinya datang bersama tim penasehat hukum Ahok untuk melihat pembacaan pledoi, sebuah kewenangan yang diberikan oleh Jaksa dalam rangka penegakkan keadilan.

“Kami serahkan kepada Majelis Hakim, kami percaya bahwa pengadilan adalah benteng Pancasila dan menjadi benteng di dalam tegaknya keadilan itu sendiri,” kata Hasto usai mengikuti sidang.

Menurut Hasto, sidang pledoi hari ini adalah momentum yang sangat baik bagi Ahok untuk menyampaikan seluruh ekspresi pemikiran dan perasaan dalam seluruh proses sidang ini.

“Kita menjalankan hukum untuk menegakkan prinsip keadilan itu sendiri, dan apa yang disampaikan oleh Pak Basuki merupakan ekspresi terbaik dari seluruh rangkaian peristiwa hari ini. Sebagai sebuah bangsa kita harus belajar dari persoalan-persoalan ini,” tuturnya.

Dikatakan Hasto, pidato pledoi yang dibacakan oleh Ahok merupakan temuan dari bukti-bukti fakta hukum yang sebelumnya telah dibacakan dalam persidangan. Dan untuk proses itu, pihaknya menyerahkan proses kepada pihak pengadilan dan majelis hakim.

“Kita serahkan sepenuhnya kepada majelis hakim, dilarang melakukan intervensi karena hal ini merupakan sesuatu yang sangat sensitif. Hukum harus ditegakkan dan dengan bukti-bukti material yang diungkap dalam persidangan,” kata Hasto.