Pancoran Macet Parah, Jokowi pun Ikut Mengeluh ke Ahok

Ilustrasi

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo turut mengeluh dengan kemacetan parah yang terjadi kawasan Pancoran di Jakarta Selatan.

Keluhan tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu Ahok di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Nasional di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2017).

“Saya kemarin ketemu sama Pak Jokowi, dibilang, ‘Pancoran macet, Pak’,” kata Ahok menirukan ucapan Jokowi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/4/2017).

“Saya bilang, ‘kan kita yang putusin, Pak’,” kata Ahok, menjawab keluhan Jokowi yang merupakan mantan gubernur DKI tersebut.

Diketahui, kemacetan di Jakarta terus mengalami peningkatan. Ini di antaranya disebabkan dengan semakin tingginya volume kendaraan.

Untuk kemacetan di Pancoran sendiri, disebabkan adanya pembangunan flyover atau jalan layang. Saat memutuskan pembangunan flyover itu, Jokowi- Ahok yang saat itu masih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dihadapkan pada berbagai pilihan. Jika pembangunan flyover dilakukan sekaligus, akan menambah kemacetan sekitar 80 persen.

Menurut Ahok, kemacetan di Pancoran bisa saja tidak separah sekarang atau hanya berkisar 20 persen dari rencana pembangunan flyover, dengan syarat pembangunan dilakukan secara bertahap.

“Tapi kalau kami bangun (flyover) pelan-pelan, mobil tambah terus. Kan sama-sama macet juga,” kata Ahok.