Fraksi PKS Tak Dukung Hak Angket KPK

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini

Jakarta, Sayangi.ComРFraksi PKS DPR menyatakan tidak mendukung usulan Hak Angket terhadap KPK yang diajukan sejumlah anggota DPR, khususnya dari Komisi III.

“Penggunaan hak angket berimplikasi bisa mengganggu upaya KPK dalam pemberantasan kotupsi,” kata Jazuli di Jakarta, Jumat (28/4).

Menurut Jazuli, sesuai kajian Fraksi PKS dan arahan DPP PKS, Fraksinya memutuskan tidak ikut menandatangani hak angket agar tidak mengganggu KPK dalam menegakkan hukum, khususnya pemberantasan korupsi.

Menurut Jazuli, adalah hak anggota atau fraksi lain untuk mengusulkan hak angket sebagai upaya mendalami dan mungkin mengoreksi berbagai kejanggalan proses internal KPK. Kejanggalan itu antara lain bocornya Surat Perintah Penyidikan (sprindik), Berita Acara Pemeriksaan (BAP), surat cekal, serta etika penyebutan nama orang yang diduga terlibat.

Namun, kata Jazuli, Fraksi PKS menilai hal tersebut cukup diselesaikan melalui mekanisme rapat kerja antara mitra di DPR, yaitu Komisi III dengan KPK.

Jazuli juga meminta KPK bersikap terbuka terhadap masukan dan koreksi konstruktif yang disampaikan DPR, agar pemberantasan korupsi semakin efektif, dan KPK terjaga dari penyalahgunaan kekuasaan.

Sebelumnya, Fraksi Gerindra dan Fraksi Demokrat juga sudah menolak hak angket terhadap KPK yang diusulkan Komisi III DPR. Wacana hak angket bergulir setelah KPK menolak permintaan Komisi III untuk membuka rekaman pemeriksaan penyidik KPK terhadap Miryam S. Haryani dalam kasus proyek E-KTP.