Wisata Religi : Menelusuri Jejak Para Nabi Di Yerusalem

Foto Youtube
Foto Youtube

Yerusalem,Sayangi.com– Ingin menapak tilas para Nabi? Pergilah ke kota Yerusalem. Kota ini adalah kota suci bagi ketiga pemeluk agama: Islam, Kristen, dan Yahudi. Dalam semua kitab agama Samawi, Yerusalem adalah kota bersejarah dan penuh makna.

Ada banyak jejak nabi di dalam dan sekitar kota Yerusalem. Kota dengan banyak nama ini sudah menyaksikan banyak pertumpahan darah, perebutan kekuasaan, penaklukan, baik oleh penguasa yang bijak sampai tiran yang kejam.

Dikutip dari wikipedia, Yerusalem pernah dihancurkan setidaknya dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, direbut dan direbut kembali 44 kali.

Berikut ini adalah daftar wisata napak tilas para Nabi di Yerusalem:

1. Old City Yerusalem
Belum bisa dikatakan mengunjungi Yerusalem jika anda belum mengunjungi Kota Tua Yerusalem. Wilayah ini merupakan tempat suci terutama bagi agama Kristen dan Yahudi. Daerah sekitar old city banyak ditemukan bangunan bersejarah, museum sejarah, kitab agama samawi, serta pemandangan kota Yerusalem yang menarik. Tempat yang menarik untuk pejalan kaki.

Sejak awal ke-19 wilayah ini dikenal sebagai perkampungan bersama kaum Armenia, Kristen, Yahudi, dan Muslim. Pada tahun 1981, Kota tua dijadikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota tua dikelilingi oleh tembok batu dan setiap wilayah agama masing masing juga dibatasi.

Foto Land of the Bible
Foto Land of the Bible

2. Tembok Ratapan West Wall
Letak tembok ini ada di paling luar dari masjid Yerusalem dekat dengan western wall tunnel . Bagi pemeluk agama Yahudi tembok ini dipercayai sebagai tempat yang terdekat dari Bait Suci. Biasanya cara berdoa di tembok ini, para umat Yahudi dan umat nasrani menyelipkan kertas permohonan di dinding tembok ini. Tak sedikit para pemeluk Yahudi menangis histeris di dekat tembok ini.

Tembok ini dijadikan sebagai tembok paling suci oleh orang Yahudi. Di tembok ini kaum Yahudi banyak yang menghadap ke tembok kemudian berdoa. Hal itu sudah terjadi sejak jaman dahulu, sejak bait Allah dihancurkan oleh bangsa Romawi pada abad pertama tahun 70 M.

Foto New York Daily News

3. King David’d Tomb
Tempat ini dipercaya sebagai kuburan Nabi Daud yang merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrahim AS, dan juga merupakan raja ke-2 yang paling terkenal dalam kerajaan Israel.

Di lokasi ini para pengunjung pria dan wanita memasuki bilik yang terpisah untuk menghormati tempat yang secara tradisi dihormati sebagai makam Raja Daud. Di bagian atas bangunan, ada ruang yang juga dipercaya tempat diadakannya perjamuan kudus atau yang sangat dikenal dengan perjamuan terakhir Yesus dengan para rasulnya.

Ini merupakan tempat yang paling menarik untuk di kunjungi karena mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan menambah ilmu pengetahuan sejarah.

Foto A Tumba
Foto A Tumba

4. Bukit Zaitun
Ini adalah pegunungan bagian timur Kota Yerusalem yang mempunyai 3 puncak terbentang dari utara ke bagian selatan. Pegunungan ini diberi nama Bukit Zaitun karena pernah ada kebun zaitun di lereng pegunungan tersebut.

Di tempat ini juga terdapat makam Salman Al Farisi, pencari kebenaran asal Persia yang kemudian memeluk Islam dan menjadi sahabat Nabi Muhammad SAW. Dialah yang mengusulkan agar Nabi Muhammad melakukan penggalian parit di sekitar Kota Madinah saat perang Khandaq.

Diantara beberapa pucak gunung yang terbentang, paling tinggi bernama At-Tur yaitu 818 meter. Bukit yang satu ini mempunyai kaitan dengan agama Islam, Yahudi, serta Kristen.

Foto Galilea Tour
Foto Galilea Tour

5. The Western Wall Tunnels
Tempat ini bisa dikatakan sebagai terowongan Barat. Di dalam Western Wall Tunnel ini peziarah bisa melihat tembok dipenuhi dengan lorong seperti rumah sakit. Tembok tersebut dipenuhi dengan celah celah yang bisa digunakan untuk berjalan pengunjung.

Pondasi bangunan ini adalah batu bata yang berukuran 1 mtr x i mtr x 2 mtr. Bangunan ini juga menjadi batasan suatu ruangan yang berdiri diatasnya, termasuk dimana ruang suci berdiri diatasnya.

Dengan memasuki terowongan tersebut akan ada tempat untuk menunjukkan bagaimana bangunan ini dibangun. Bangunan ini di rancang menggunakan rekayasa sains dan sentuhan animasi film yang sangat apik.

Pengunjung akan dibuat takjub bagaimana batu pondasi yang berukuran besar tersebut dipasang dan dinaikkan satu demi satu membentuk sebuah bangunan yang kokoh menawan di bawah bangunan bait suci.

Foto Wall Street International
Foto Wall Street International

6. Hezekiah’s Tunnel
Tempat ini adalah sebuah terowongan saluran air yang digali di daerah “Kota Daud” pada zaman kuno. Hezekiah’s Tunnels merupakan terowongan yang membentuk saluran air yang penggaliannya dilakukan tepat dibagian bawah Kota Daud yang ada di Yerusalem pada masa lalu.

Terowongan itu digunakan sebagai pelindung air dan dialirkan menuju ke dalam kota. Hal itu dikarenakan ketika kota Yerussalem membela diri dari tentara Asyur, sumber air menjadi sangat terbatas. Sistem terowongan yang dibuat untuk melindungi air itu sangat mengesankan.

Dia atas Hezkeiah’s Tunnels juga terdapat sistem pengaliran air yang dibawa dari pengairan Gihon. Air tersebut akan dibawa ke sebelah barat kota Daud. Usaha tersebut tidak sia sia dan buktinya aliran air yang melewati terowongan Hezekia tersebut memang berhasil dialihkan ke sebalah barat Kota Daud.

Selain itu, daerah ini juga dikenal mempunyai hubungan dengan tanggal pemerintahan Hizkia, raja Yehuda yang hidup di akhir abad ke-8 SM sampai awal abad ke-7 SM. Hal tersebut tercacat dalam sejumlah ayat di Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.

Foto wordPress.com
Foto wordPress.com

7. Church of All Nations (Basilica of the Agony) gereja Getsemani
Tempat ini dari batuan dasar dan mengabadikan dimana Nabi Isa dikatakan telah berdoa sebelum penangkapannya.

Dinamakan Church of All Nations karena gereja tersebut dibangun dengan donasi dari berbagai negara, antara lain Argentina, Brazil, Chile, Meksiko, Italia, Perancis, Spanyol, Inggris, Belgia, Kanada, Jerman Australia, Irlandia, Hungaria, Polandia,serta United States of America.

Bangunan ini juga dikenal sebagai Gereja Katolik Roma. Gereja ini letaknya di bukit Zaitun di samping Taman Getsemani. Di dalamnya terdapat batu yang konon merupakan tempat Tuhan Yesus berdoa sebelum ditangkap di Taman Gethsemane

Dari bangunan ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan spektakuler, yaitu sebagian dari kompleks Al Aqsa dan Dome of the Rock.

Foto Askideas.com
Foto Askideas.com

8. Gereja Santa Ana
Bangunan besar dan cantik ini dibangun untuk didedikasikan untuk Anna & Joachim. Menurut tradisi mereka, Gereja tersebut juga merupakan tempat di mana Virgin Marry (putri dari Anna) lahir. Gereja St. Anna merupakan gereja peninggalan masa perang salib yang tergolong bangunan paling utuh (tahun 1142). Saat Perang Salib terjadi di Yerussalem, gereja itu dihancurkan, lalu setelah perang berakhir gereja tersebut dibangun kembali.

Gerja St. Anna kini lebih banyak digunakan untuk wisata religi bagi orang orang yang beragama kristen. Gerja St Anna dimiliki Kongregasi Imam Putih. Tujuan bangunan itu dibangun adalah untuk menyiapkan calon imam yang dikirim ke daerah misi. Bangunan itu diakui secara resmi sejak tahun 1008.

Foto Wikimedia Commons
Foto Wikimedia Commons

9. Dome of the Rock (al-Haram- al-Sharif)
Bangunan ini didirikan lantaran ayah Al- Wahid bin Abdul Malik mendapat perintah untuk membangun sebuah kubah di atas batu besar. Letaknya kira kira di tengah halaman depan Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak. Untuk merealisasikan bangunan tersebut Al Wahid memanggil arsitek dan tukang bangunan dengan keahlian masing masing. Pembangunan ini memakan waktu kurang lebih 4 tahun dan selesai pada tahun 72 Hijriah .

Fakta Fakta yang menarik tentang Dome of the rock sebagai berikut:

1.The Dome of The Rock ini dibangun sesuai dengan agama Islam. Keberadaan batu tersebut juga berhubungan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

2.The Dome of Rock menurut agama Yahudi memiliki kepercayaan bahwa Nabi Ibrahim menawarkan anaknya Ishak sebagai korban. Dalam ajaran Islam, yang akan dikorbankan adalah Ismail.

3.Dome of the rock bentuknya bukanlah masjid melainkan batu yang menjadi saksi bahwa Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan Isra’ dan mi’raj

Foto Pinterest
Foto Pinterest

10. Masjid Al Aqsa
Letak masjid ini berada di kompleks bangunan lama Kota Lama Yerussalem. Kompleks masjid ini di dalamnya juga ada kubah batu disebut sebagai tanah suci atau tanah yang mulia. Tidak hanya umat islam sajaa yang menganggap Kota Lama Yerussalem sebaga tempat suci, namun orang kristen dan yahudi beranggapan demikian.

Masjid ini juga merupakan tempat suci bagi umat Islam.Di sini Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah. Inilah rangkaian peristiwa penting bagi umat muslim yang disebut dengan Isra Miraj

Foto Press TV
Foto Press TV