3 Alasan Kenapa Banyak Karakter Kartun Berwarna Kuning

Beberapa kartun favorit anak kebanyakan berwarna kuning (Foto: Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Pernahkan Anda berpikir alasan dibalik banyaknya karakter kartun berwarna kuning? Karakter Tweety, Winnie The Pooh, The Simpson, Spongebob Squarepants, Pikachu, bahkan Minions pun berwarna kuning dengan aplikasi warna biru sebagai warna pendukung lainnya. Ternyata, ada beberapa alasan brilian tentang penggunaan warna kuning ini, lho!

Melansir laman NME, Jumat (5/5), Jacob Atkinson ChannelFrederator melalui videonya mengungkapkan tiga alasan penggunaan warna kuning untuk karakter kartun.

Teori Warna
Hal pertama yang diperhatikan adalah bagaimana warna saling mempengaruhi satu sama lain. Pasangan warna kuning dan biru adalah pasangan yang sempurna untuk tampilan kartun, pasalnya televisi dan kartun didasarkan pada roda warna terang (hijau, biru dan merah) sebagai lawan dari warna primer yang lebih familar. Dalam istilah RGB, warna pelengkap untuk warna kuning adalah biru – warna-warna ini saling menonjol. Dan karena latar belakang film kartun biasanya adalah langit biru atau lautan, maka warna kuning merupakan pilihan yang eye-catching untuk desain karakter.

Psikologi Warna
Psikologi warna adalah alasan lain mengapa warna kuning dipilih untuk beberapa tokoh kartun. Warna seperti merah dan biru gelap cenderung negatif dan menyebabkan stres mental. Sedangkan warna kuning justru paling sering dikaitkan dengan energi, optimisme dan kegembiraan.

Visibilitas Warna
Alasan lainnya adalah karena warna kuning sebenarnya adalah warna yang paling terlihat nyata pada spektrum dan menyebabkan sel kerucut di mata dan memproses cahaya. Warna kuning juga menangkap perhatian kita terlebih dahulu, dan semakin terang semakin baik, itulah mengapa taksi dan tanda peringatan lainnya cenderung berwarna kuning.

Lepas dari itu, kuning adalah bukti dari buta warna. Jadi hanya mereka yang benar-benar buta akan kehilangan karakter warna kuning.