Ketua Komisi II DPR Dukung Pemerintah Tertibkan Ormas Anti NKRI dan Pancasila

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali /Foto: Sayangi.Com

Jakarta, Sayangi.Com– Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mendukung langkah Pemerintah untuk menertibkan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang bertentangan dengan ideologi negara Pancasila. Menurutnya, keutuhan NKRI harus dirawat dan dijaga supaya tidak terganggu eksistensinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Zainudin Amali kepada Sayangi.Com, Selasa (9/5), saat diminta pendapat terkait keputusan Pemerintah yang akan segera mengambil langkah hukum membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Menurut Zainudin, pemerintah tentu punya alasan kuat yang menjadi dasar pembubaran HTI. Apalagi, banyak negara Islam juga sudah melarang kegiatan Hizbut Tahrir di negaranya masing-masing dengan berbagai alasan.

“Saya yakin, pasti Pemerintah sudah membahas dengan berbagai instansi terkait dan mempertimbangkan secara matang sebelum mengambil keputusan ini,” ujarnya.

Politisi Partai Golkar ini berharap Pemerintah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap keberadaan Ormas di Indonesia. Tentu parameter yang digunakan untuk mengevaluasi harus jelas dan berlaku untuk semua.

Patokan utamanya, kata Zainudin, NKRI dan ideologi negara Pancasila yang sudah final. Selain itu, undang-undang yang berlaku.

“Bila dirasakan undang-undang yang ada sekarang perlu perubahan untuk lebih menguatkan posisi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, Pemerintah an DPR bisa memulai pembicaraan ke arah itu setelah melihat perkembangan yang ada di tengah masyarakat,” kata Zainudin.