Polri Akui Masih Terus Selidiki Kasus Habib Rizieq dan Munarman

Kabiro Penmas Polri Polri Brigjen Pol Rikwanto
Kabiro Penmas Polri Brigjen Pol Rikwanto /Foto: Tri Setyo

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Rikwanto mengakui pihaknya terus menyelidiki beberapa dugaan kasus yang melibatkan Habib Rizieq Syihab dan Munarman. Misalnya seperti kasus video ceramah, perbincangan mesum, penghinaan pencalang, hingga dugaan penodaan pancasila.

Polisi menyebut bahwa tidak ada perlakuan khusus dalam melakukan penyidikan terhadap masalah hukum.

“Kasus-kasus yang sedang ditangani biar saja itu berjalan dan sedang diproses dalam penyidikan. Kita tunggu saja sampai di mana nanti, kapan akan ke JPU biarkan berjalan,” katanya di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017)

Kendati begitu, Rikwanto menegaskan bahwa tidak semua kasus bisa ditangani secara mudah, sehingga cepat selesai. Setiap kasus kata dia, memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

“Di mata hukum sama semuanya, tidak ada perbedaannya. Semua yang dalam proses hukum, perlakuannya sama,” ujarnya.

“Kadang kala kasus itu kompleks, tapi karena tersedia semuanya barang bukti, saksi-saksi dan mudah untuk dikompilasi sehingga disimpulkannya gampang termasuk saksi ahli itu lebih cepat.”

Seperti diketahui, Habib Rizieq Syihab kini disangka dengan banyak tuduhan. Salah satunya adalah percakapan mesum via WhatsApp yang diduga antara Habib Rizieq dengan Firza Husein.

Selain itu, Habib Rizieq juga disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang Penodaan terhadap Lambang Negara dan Pasal 320 KUHP tentang Pencemaran terhadap Orang yang Sudah Meninggal. Dua pasal sangkaan tersebut menjadi bahan penyidik untuk meminta keterangan Rizieq.