Meski Tak Ditahan, Polisi Tetap Memproses Berkas Perkara Firza Husein

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombespol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Tersangka dugaan chat mesum Firza Husein diperbolehkan pulang dan tidak ditahan. Pada pukul 21.30 WIB semalam, Firza diizinkan pulang oleh penyidik dan ditemani oleh adik dan pengacaranya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, ditahan atau tidaknya seorang tersangka adalah kewenangan penyidik. Kendati Firza tidak ditahan, namun penyidik tetap memproses kasus yang juga menyeret nama Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tersebut.

“Penyidik tetap memproses dan menyusun berkas perkara tersebut sehingga akan diajukan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum),” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/5).

Selain itu Argo juga mengatakan, tidak semua tersangka kasus wajib dilakukan penahanan. Dalam kasus Firza ini, kata Argo, penyidik memiliki pertimbangan sehingga tidak menahan ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana ini.

“Penyidik punya pertimbangan yakni alasan kesehatan. Ini manusiawi, sehingga FH dipulangkan,” tuturnya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini juga mengatakan, untuk saat ini keterangan yang diperoleh penyidik dari Firza sudah cukup. Sehingga polisi belum mengagendakan kapan Firza akan dipanggil lagi.

“Sementara sudah selesai dan nanti apakah ada kekurangan atau tidak, penyidik yang lebih mengetahui hal itu,” terangnya.

Mengenai Rizieq yang menjadi saksi dalam kasus tersebut, Argo mengaku polisi belum tahu akan menjemput paksa atau tidak. Pasalnya, penjemputan paksa hanya dapat diberlakukan untuk tersangka.

“Dia kan sebagai saksi, jangan diperlakukan sebagai tersangka. Kami fokus pada pemberkasan tersangka FH dulu,” kata Argo.