Polisi Percaya Habib Rizieq Akan Kembali ke Tanah Air

Habib Rizieq Shihab

Jakarta, Sayangi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, kepolisian masih menunggu kepulangan Imam Besar (FPI) Habib Rizieq Shihab dari luar negeri. Rizieq sendiri telah dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan chat mesum yang juga menyeret nama Firza Husein.

“Kasus Pak Rizieq Shihab, kami tunggu saja perkembangan penyidik, karena yang bersangkutan masih di luar negeri. Sekarang kami masih menunggu, kami percaya dia akan kembali ke tanah air,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jum’at (19/5).

Argo berharap Rizieq secepatnya kembali ke Indonesia. Namun Argo enggan merinci secara detail sampai kapan polisi akan menunggu kepulangan Rizieq.

“Kami berharap sampai nanti kembali, ya nanti kita lihat saja lah. Nanti kita tunggu saja,” tuturnya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini juga menjelaskan alasan polisi belum menjemput paksa Rizieq di luar negeri. Hal tersebut menurut Argo, karena tiap negara memiliki peraturan masing-masing dalam perizinan masuk aparat keamanan dari negara lain.

“Peraturan atau Undang-Undang negara satu dengan negara lain kan berbeda, tentunya itu harus kita pahami bersama ya, dan nanti tidak mungkinlah ujug-ujug polisi langsung datang kesana nangkap dia. Kita harus tahu itu, kita harus pahami itu, kita harus mengerti itu, gitu lho,” urainya.

Kepolisian, kata Argo, hingga saat ini belum bekerjasama dengan interpol untuk memulangkan paksa Rizieq dari luar negeri. Pasalnya, hingga saat ini status Rizieq masih sebagai saksi.

“Nanti, dia kan masih saksi, jadi jangan terus kita punya asumsi, kita beranggapan sendiri, kita menafsirkan sendiri,” pungkasnya.