Pengungsi Korban Banjir Garut Keracunan Makanan

Foto WordPress.com
Foto WordPress.com

Garut,Sayangi.com– Sebanyak 120 orang pengungsi korban banjir Garut diduga keracunan makanan. Hal ini terjadi setelah pengungsi menyantap makanan di tempat pengungsian bencana banjir bandang Islamic Center Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hingga berita ini diturunkan sebagian sudah membaik, ada juga yang masih mendapatkan penanganan medis.

Data terakhir minggu (21/5) yang terhimpun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Slamet Garut jumlah yang keracunan ada 120 orang. Keseluruhan korban terdiri dari orang dewasa dan anak kecil,” Bambang Hapid kata Camat Garut Kota.

Ia menuturkan, korban bencana banjir bandang Sungai Cimanuk yang menempati Gedung Islamic Center itu mengeluhkan pusing dan mual setelah makan bersama dalam acara yang diselenggarakan donatur, Sabtu (20/5).

Seluruh korban itu, sudah mendapatkan penanganan medis di RSUD Dokter Slamet Garut, dan  sebagian sudah diperbolehkan pulang,ungkapnya.

Ia menambahkan, kasus tersebut sudah mendapatkan penanganan dari pemerintah termasuk akan melakukan uji laboratorium terhadap makanan yang disantap pengungsi.

Kesimpulan sementara, dugaan dan pengakuan korban diduga penyebab keracunan dari makanan daging rendang yang disajikan pihak donatur. tetapi untuk mengetahui penyebab pastinya masih menunggu hasil laboratorium.

Sementara itu, RSUD Dokter Slamet cukup kewalahan untuk menempatkan para pasien tersebut, karena masih minimnya fasilitas dan ruang perawatan.

Sebagian pasien terpaksa mendapatkan perawatan medis di lorong-lorong dekat Ruang IGD. Bahkan pemandangan menyedihkan, ditemukan pasien harus duduk sambil diinfus karena kurangnya tempat tidur.