Polda Lampung Koordinasi Penanganan Korupsi dengan Jaksa dan KPK

Dirkrimsus Polda Lampung Kombes Pol Rudi Setiawan (berdiri) menyampaikan paparan dalam diskusi panel soal penanganan korupsi di Provinsi Lampung, Senin (22/5/2017).

Bandar Lampung, Sayangi.com – Polda Lampung diwakili Direktur Kriminal Khusus Kombes Pol Rudi Setiawan melakukan koordinasi penanganan korupsi di Provinsi Lampung dengan sejumlah instansi terkait.

Koordinasi tersebut dikemas dalam bentuk diskusi panel. Hadir sebagai narasumber selain Kombes Rudi Setiawan adalah Wakil Ketua KPK  Alexander Marwata, Kajati Lampung, dan pihak dari BPKP. Acara dilaksanakan di Kantor BPKP Lampung Jalan Basuki Rahmat No.33 Bandar Lampung, Senin (22/5/2017) sore.

Pada kesempatan tersebut, hadir para Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Kepolisian Resor se-Provinsi Lampung, dan Inspektorat Kabupaten/Kota.

Hal yang sempat dibahas dalam diskusi tersebut adalah optimalisasi penggunaan Alokasi Dana Desa di Provinsi Lampung. Dirkirmsus Polda Lampung Kombes Pol Rudi Setiawan dalam paparannya menjelaskan pihaknya secara khusus telah menugaskan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mengawasi penggunaan dana desa agar disalurkan tetap sasaran sesuai ketentuan dan menghindari terjadinya penyimpangan.

“Polda Lampung menugaskan Bhabinkamtibmas untuk ikut mengawasi penggunaan anggara desa. Hal ini kami anggap penting untuk memastikan tidak ada penyimpangan dalam pelaksanaannya,” kata Rudi Setiawan.

Turut dijelaskan dalam diskusi tersebut fungsi BPKP yang mempunyai wewenang melaksanakan tugas pemerintah di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain BPK, BPKP juga dapat menghitung kerugian uang negara.