Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 2017 Sabtu Besok, Sama Dengan Muhammadiyah

Jumpa pers hasil sidang isbat awal Ramadhan 2017 di Kantor Kemenag Jakarta, Jumat (26/5) petang /Foto: Kemenag.go.id

Jakarta, Sayangi.Com– Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, atas nama Pemerintah Indonesia, menetapkan 1 Ramadhan 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu (27/5) besok.

Penetapan pemerintah ini didasarkan pada sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, berdasarkan dua hal, yakni perhitungan hisab dan laporan petugas tersumpah yang melihat hilal di sejumlah titik.

Dengan penetapan pemerintah ini, mayoritas umat Islam Indonesia akan memulai ibadah puasa Ramadhan pada hari yang sama, karena Pimpinan Pusat Muhammadiyah jauh sebelumnya sudah menetapkan awal puasa Ramadhan 1438 H jatuh pada 27 Mei 2017.

Itu berarti, pada Jumat malam ini umat Islam di Indonesia sudah mulai melaksanakan shalat sunah tarawih.

Kepada wartawan, Menag Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan bahwa sidang isbat mendapat laporan dari tim rukyatul hilal yang menyaksikan hilal pada ketinggian di atas 8 derajat di empat lokasi, antara lain di Bukit Condrodipo Gresik dan Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur.

Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan antara pemerintah dan ormas Islam serta instansi terkait dalam mengambil keputusan penentuan awal bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

Isbat diawali sesi prasidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1438 H oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama.