Ketok Saur Tradisi Masyarakat Gorontalo Di Awal Ramadhan

Ilustrasi Tradisi Ketuk Saur di Gorontalo. Foto You Tube
Ilustrasi Tradisi Ketuk Saur di Gorontalo. Foto You Tube

Gorontalo, Sayangi.Com– Ratusan warga Kelurahan Talumolo dan sekitarnya dini hari tadi (27/5) berkumpul kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, untuk bersama sama melaksanakan tradisi ketuk saur.

Acara tradisi ini digelar dengan cara mengelilingi kota  berjalan kaki sambil diiringi lagi religi serta memukul kentongan. Hal ini dilakukan untuk membangunkan warga makan sahur serta tanda memulai ibadah puasa.

Acara Tradisi yang sudah digelar secara turun temurun diikuti lintas usia, dewasa, remaja, anak anak. Dengan antusias dan gembira mereka berkeliling membangunkan sahur di hari pertama Ramadhan.

Iring iringan ketuk saur dimulai dari rumah jabatan Wali Kota Gorontalo kemudian berjalan hingga berakhir di Pelabuhan Gorontalo.

Rombongan ini menamakan diri Kokoo Gorontalo. Aan, koordinator lapangan kegiatan itu mengatakan, selain untuk membangunkan sahur.

Tradisi itu juga merupakan bentuk rasa syukur kebahagiaan karena dipertemukan kembali dengan Ramadhan.

“Alhamdulilah kegiatan ini diikuti oleh 500 warga dan semua terlihat antusiastis serta bersemangat dengan tradisi ketuk sahur keliling ini,” imbuh aan.

Aan juga menambahkan, bahwa kegiatan ini akan dilakukan setiap hari selama bulan puasa.