Trump Frustasi Akibat Surplus Perdagangan Mobil Jerman

Foto Daily Mail
Foto Daily Mail

Sisilia, Sayangi.com- Sepertinya bukan Trump kalau tidak bisa membuat telinga orang lain merah atas ucapannya.

Trump dilaporkan menyebut orang Jerman ‘sangat buruk’, mengancam untuk mengakhiri penjualan mobil Jerman

Trump telah dilaporkan kembali menyalakan kembali ketegangan dengan rekan-rekannya di Uni Eropa setelah menyebut orang-orang Jerman “sangat buruk” atas surplus perdagangan mereka dengan AS.

Menurut majalah berita Jerman Der Spiegel. Presiden Trump berjanji untuk memblokir ekspor mobil Jerman ke A.S, dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin top EU pada hari Kamis (25/5) waktu setempat.

“Jerman itu buruk, sangat buruk,” kata Trump, menurut peserta di ruangan yang berbicara dengan Der Spiegel.

“Lihat jutaan mobil yang mereka jual di A.S., mengerikan, kami akan menghentikan ini.”

Komentar tersebut dikatakan telah dibuat dalam sebuah pertemuan dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, yang keduanya menunjukkan dukungan untuk Jerman.

Donald Tusk dan Jean - Claude Juncker. Foto Daily Express
Donald Tusk dan Jean – Claude Juncker. Foto Daily Express

Gedung Putih tidak tersedia untuk dimintai komentar saat dihubungi oleh CNBC. Namun, Juncker menolak klaim tersebut pada hari Jumat (26/5), dengan mengatakan bahwa laporan Jerman itu dibesar-besarkan.

“Dia tidak mengatakan bahwa orang-orang Jerman berperilaku buruk,” kata Juncker kepada wartawan di Sisilia menjelang perundingan G-7.

“Dia sama sekali tidak agresif dan toh kita telah membela Jerman,” lanjutnya.

“Saya menjelaskan bahwa AS tidak dapat membandingkan situasi perdagangan mereka dengan masing-masing negara anggota Uni Eropa.

Mereka harus membandingkan kinerjanya dengan pertunjukan global Uni Eropa, dan saya memperjelas bahwa komisi tersebut dikenai masalah perdagangan. Dan bukan negara anggota. ”

Foto Daily Express
Foto Daily Express

Trump telah lama menyuarakan frustrasinya dengan surplus perdagangan Jerman dengan A.S., bersikeras bahwa impor Jerman telah merusak industri manufaktur A.S.

Pada bulan Januari, dia mengancam akan menampar pajak 35 persen atas impor mobil Jerman.

“Jika Anda ingin membangun mobil di dunia, maka semoga Anda sebaik-baiknya. Anda bisa membangun mobil untuk Amerika Serikat.

Tetapi untuk setiap mobil yang datang ke Amerika Serikat, Anda akan membayar pajak 35 persen,” katanya. Hal tersebut dikatakan Trum saat wawancara dengan koran Jerman Bild bulan Januari.

Dia juga berusaha untuk menegosiasikan kesepakatan perdagangan bilateral dengan Jerman saat bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel pada bulan Maret. Namun,Trump bersikeras bahwa semua kesepakatan dengan negara anggota UE harus dilakukan secara multilateral.

Sumber CNBC