Wiranto: Perbedaan di Indonesia Adalah Pemberian Indah dari Tuhan

Jakarta, Sayangi.com – Menkopolhukam Wiranto mengatakan, segala perbedaan yang ada di Indonesia adalah berkah yang diberikan oleh Tuhan. Oleh karena itu, sudah seharusnya masyarakat Indonesia bersyukur dengan segala perbedaan yang dimiliki.

“Nusantara ini dibangun dari beragam etnis, agama, bahasa budaya yang berbeda dan ini given (pemberian) dari Tuhan,” ujar Wiranto di sebuah diskusi di PTIK, Jakarta, Sabtu (27/5).

Wiranto juga mengakui, bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Kendati demikian, lanjut Wiranto, dengan semangat toleransi, para founding fathers Indonesia tidak menjadikan Indonesia negara Islam.

“Tidak memaksakan negara islam, tapi mencoba memasukkan beberapa roh agama Islam dalam konstitusi kita. Maka mereka setuju dan sepakat bahwa pancasila bunyinya seperti sekarang,” paparnya.

Mantan Panglima ABRI ini juga mengatakan, saat ini Indonesia tengah mengalami kegalauan dengan toleransi. Padahal, masalah toleransi sendiri telah menjadi warisan para pendiri bangsa Indonesia.

“Ada titik tertentu yg ingin memecah belah Indonesia. Bila embrio perpecahan ini dibiarkan, negara ini bisa pecah,” kata Wiranto.

Lebih jauh Wiranto menerangkan, saat ini seluruh dunia tengah dihadapkan oleh ancaman terorisme. Menurutnya, suatu negara tidak mungkin sendirian melawan terorisme.

“Ancaman nation state adalah terrorisme, karena tidak mungkin satu negara melawan terorisme sendirian. Karena terorisme juga tidak mengenal negara,” jelasnya.